PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN DAN SWOT PADA PERUSAHAAN POPSY TUBBY

Aisyah Amalia

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran Popsy Tubby dengan pendekatan bauran pemasaran dan SWOT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan wawancara semi terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah posisi perusahaan Popsy Tubby berada pada kuadran III yang menggunakan strategi turn-arround. Popsy Tubby akan berfokus pada strategi memanfaatkan peluang pada pasar dan meminimalkan kelemahan internal, upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai strategi tersebut adalah dengan meningkatkan akses pasar baru melalui melalui media sosial dan endorse, komunitas dan institusi pemerintahan, menciptakan kombinasi motif dan varian warna batik yang lebih beragam serta menambah fasilitas custom jahit, merekrut tenaga ahli pemasaran online dan mengganti packaging baru.Strategi pemasaran tersebut terbagi dalam bauran pemasaran (product, price, place, and promotion). Penerapan strategi produk yang direncanakan adalah dengan memperbarui produknya dengan menciptakan varian warna dan kombinasi motif yang berbeda serta menciptakan packaging yang lebih menarik yang mampu mengkomunikasikan produk sesuai dengan positioning Popsy Tubby yaitu baju batik big size. Harga yang direncanakan untuk memasuki pasar online dengan menciptakan produk sejenis namun dengan menggunakan bahan baku batik cap/print untuk melayani kalangan menengah kebawah dengan harga jual dibawah Rp.200.000 sehingga mampu dijangkau masyarakat luas. Tempat yang direncanakan adalah berkerjasama dengan lembaga perbankan dan institusi pemerintahan untuk menjadi mitra bina usaha dan juga mendekatkan diri dengan komunitas seperti komunitas diet, senam/jalan sehat dan arisan kemudian melalui media sosial dengan merekrut tenaga ahli/admin. Promosi yang direncanakan adalah fasilitas membercard, free gift dan diskon beserta fasilitas yang menarik untuk pengembangan re-seller.

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., Hidayat, W., & Budiatmo, A. (2012). Pengembangan Usaha pada UKM Batik Semarangan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1-12.

Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Keller, L. (2012). Marketing Communications. Jakarta: Erlangga. Kuncoro, M. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Salemba Empat

Owomoyela, S. K., Olasnkanmi, S., & Oyeniyi, K. O. (2013). Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research in Business. Investigating The Impact of Marketing Mix Elements on Consumer Loyalty : An Emprical Study on Nigeian Breweries Plc. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4, 485.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635