ANALISIS CRM PERUSAHAAN FORWARD EVENT CREATOR

Christopher Prayogo Sanjaya

Abstract


Analisis Customer Relationship Management (CRM) dilakukan untuk mengetahui kekurangan yang terdapat pada perusahaan Forward Event Creator yang mempengaruhi repeat order dan loyalitas dari customer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap CRM yang telah dilakukan perusahaan Forward Event Creator agar dapat mengetahui kekurangan yang ada untuk merancang CRM yang lebih baik untuk ke depannya. Untuk menemukan CRM yang baik dan efektif, perusahaan perlu melakukan proses Identify, Differentiate, Interact, dan Customize (IDIC). Subyek untuk penelitian ini adalah tenant yang sudah berpartisipasi dalam event bazaar Forward Event Creator, perusahaan sejenis yang memiliki CRM, dan pakar CRM yang sudah pernah berpartisipasi dan mengerti event bazaar atau sejenisnya. Objek penelitian adalah kegiatan CRM perusahaan Forward Event Creator yang berbasis di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara semi-structured dan dokumentasi sebagai pendukung wawancara. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah kekurangan yang ada dalam sistem CRM perusahaan membuat customer dari perusahaan kurang merasa puas dan terjadi kekurangan rasa loyalitas pada perusahaan. Penerapan proses IDIC bagi perusahaan Forward Event Creator mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas dari customer.

Full Text:

PDF

References


Bowdin, G., Allen, J., O'Toole, W., Harris, R., & McDonnell, I. (2011). Events Management. London: John Wiley & Sons.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Halim, D. C., Wibowo, A., & Purbowo, A. N. (2014). Analisis Strategi Customer Relationship Management di PT.XYZ. Jurnal Informatika , 1-6.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. London: Pearsong Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Marketing Management. London: Pearson Education.

Kubina, M., & Lendel, V. (2015). Successful Application of Social CRM in The Company. Procedia Economics and Finance , 1-5.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (4 ed.). Erlangga.

Marshall, G., & Johnston, M. (2011). Essentials of Marketing Management. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Moleong, L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Payne, A., & Frow, P. (2013). Strategic Customer Management, Integrating Relationship Marketing and CRM. New York: Cambridge University Press.

Peppers, D., & Rogers, M. (2011). Managing Customer Relationships (2 ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sulaiman, A., Abdullah, A., & Ridzuan, A. (2013). Customer Relationship Management (CRM) Strategis Practices in Malaysia Retailers. Procedia Social and Behavioral Sciences , 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635