PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI BAGI PERUSAHAAN DESSERT FACTORY

Natalia Halim, Dr. Wirawan E.D. Radianto

Abstract


Perusahaan Dessert Factory perlu melakukan penelitian terhadap strategi promosi yang sedang dijalankan karena belum memberikan hasil yang maksimal pada penjualan dan jumlah customer perusahaan sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi promosi perusahaan Dessert Factory perlu ditingkatkan dengan tujuan mendapatkan peningkatan penjualan produk dan jumlah customer sesuai dengan target pencapaian perusahaan Dessert Factory. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap 10 narasumber yang terdiri dari 5 orang konsumen perusahaan Dessert Factory, 2 orang konsumen perusahaan sejenis, dan 3 orang pakar marketing dan juga melalui dokumentasi berupa foto dengan narasumber dan juga data internal perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis menurut teori Miles and Huberman Models yang terdiri dari 3 tahap analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa upaya promosi yang selama ini dijalankan oleh perusahaan Dessert Factory tidak maksimal sehingga, unit penjualan dan jumlah customer tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Perusahaan Dessert Factory perlu untuk meningkatkan upaya promosi berdasarkan 7 bauran promosi utama yaitu pemasaran interaktif, acara dan pengalaman, pemasaran langsung, promosi penjualan, periklanan, penjualan personal, dan pemasaran dari mulut ke mulut yang sesuai bagi peningkatan penjualan yang memang berdasarkan hasil perolehan data terbukti akan lebih sesuai dan efektif bagi perancangan strategi promosi perusahaan Dessert Factory yang baru. Sedangkan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas belum sesuai karena tidak efektif bagi tujuan pencapaian perusahaan dan mengatasi permasalahan yang ada dalam perusahaan Dessert Factory.

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Yogyakarta, ID: UPP STIM YKPN.

Arianty, N. (2014). Pengaruh bauran promosi terhdapa volume penjualan sepeda motor yamaha mio pada PT. alfa scorpii sentral yamaha. Jurnal Riset dan Akuntansi dan Bisnis, 14(1), 98-110.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen dan pemasaran (1st ed.) Jakarta, ID: Kencana Pernada Media Group. David, F. R. (2012). Strategic Management: Manajemen Strategis: Konsep (Buku-1;Edisi-12). Salemba Empat.

GAPMMI – Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia. (2015). Retireived from http://www.gapmmi.or.id

Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran McDonald’s manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1465-1473.

Hasan, A. (2010). Marketing. Yogyakarta, ID: Media Presindo Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran, Jakarta, ID: Erlangga.

Ireland. (2013). The Management of Strategy: Concept and Cases (10th ed.) International Edition. Canada, US: Cengange Learning.

Khan, S., Hussain, S. M., Yaqoob, F. (2012). Determinants of customer satisfacti on in fast food industry, International Journal of Management and Strategy, 3.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th Edition). New Jersey, US: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Ciputra University.

©All right reserved 2016. Jurnal PERFORMA, ISSN:2527-4635