PERAN SELF EFFICACY SEBAGAI MEDIATOR DALAM HUBUNGAN EDUCATION SUPPORT DENGAN ENTREPRENEURIAL INTENTION

  • Dorothy Tutstantine Pratikto
  • Helena Sidharta
  • I Gusti Bagus Yosia Wiryakusuma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dan efikasi diri, pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha, dan peran efikasi diri sebagai mediator dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan dengan minat berwirausaha pada generasi penerus perusahaan keluarga. Kuesioner disebarkan kepada 87 responden yaitu mahasiswa dari Guild Family Business Universitas Ciputra angkatan VII yang berusia 19-25 tahun, menggunakan metode sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM PLS) dengan bantuan program smartPLS 3.0. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dan efikasi diri pada mahasiswa. Efikasi diri memiliki hubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Efikasi diri secara parsial memediasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan minat berwirausaha pada mahasiswa. Berdasarkan rencana setelah lulus, menunjukkan minat berwirausaha mahasiswa dari Guild Family Business Universitas Ciputra angkatan VII yang memilih melanjutkan bisnis keluarga sebanyak 53 responden (60,9%), sedangkan yang memilih untuk membuat bisnis baru sebanyak 11 responden (12,6%) dan sisanya memiliki rencana lain.               Kata kunci: kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, minat berwirausaha, bisnis keluarga.  
Published
2020-06-25
Section
Articles