ATRIBUT CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN CUSTOM GS CLOTHING

  • Gavrila Evania Prambudi
  • Christian Herdinata
  • Yuli Kartika Dewi

Abstract

Kepopuleran celebrity endorser kini sering digunakan sebagai strategi promosi karena dinilai efektif dalam peningkatan penjualan. Fenomena yang tidak lagi asing ini dimanfaatkan oleh GS Clothing, sebuah startup bisnis dalam bidang pakaian yang memproduksi pakaian custom dan berdomisili di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, dan physical attractiveness terhadap minat beli calon konsumen GS Clothing. Metode penelitian ini menggunakan metode kuatitatif dengan analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 90 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa atribut celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, dan physical attractiveness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli calon konsumen GS Clothing.   Kata kunci: celebrity endorser, expertise, minat beli, physical attractiveness, trustworthiness.
Published
2020-06-25
Section
Articles