PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NEXFOOD

  • Hans Ronaldo
  • Wahyudi Henky S

Abstract

Nexfood merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang makanan yaitu selai kacang yang crunchy. Tujuan pertama didirikan perusahaan Nexfood karena kami melihat persaingan dibidang selai yang masih kurang banyak pesaingnya dan disisi lain kami ingin mengembangkan produk lokal Indonesia supaya tidak kalah bersaing dengan produk luar yang sudah lebih dulu terkenal dan menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia, selain itu kami juga membuat selai yang sehat dimana kami menggunakan bahan-bahan yang organik.Namun perusahan kami merasa kurang puas terhadap penjualan yang ditunjukan oleh perusahaan kami dan penjualan kami sendiri tidak mengalami peningkatan dan bahkan kami selalu mengalami penurunan penjualan. Hal ini tak lepas dari kepercayaan masyarakat terhadap selai yang kami jual itu masih kurang dan banyak yang lebih memilih brand luar seperti ovomaltine dan nutella yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat.   Pada penelitian ini peneliti melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk bisa mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Nexfood. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Selain itu teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan purposive sampling dimana terdapat kriteria yaitu pernah membeli produk, usia 15-25 tahun dan bisa dihubungin. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 79 responden yang diambil di daerah Surabaya dan sekitarnya. Tekni pengumpulan data dengan kusioner yang diambil secara online dan menggunakan skala likert, dimana hasilnya diolah menggunakan SPSS dan menggunakan analisis regresi berganda.Hasil dari uji regresi linear berganda yaitu Y = 0,203 + 0.615X1 + 0.325X2. Nilai dari variabel kualitas produk (X1) adalah 0,615 dan nilai dari variabel promosi (X2) adalah 0,325. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada pengaruh positif antara kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa variabel dari kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kata kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
Published
2020-06-25
Section
Articles