FAKTOR PURCHASE INTENTION PADA PRODUK COK-KIS

  • Vidya Pitaloka International Business Management Universitas Ciputra Surabaya
  • Dewi Mustikasari Immanuel International Business Management Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: Purchase intention, kue kering, harga, promosi, produk, referensi kelompok

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia berkembang sangat pesat. Fenomena pertumbuhan ini dapat terlihat dari banyaknya bermunculan usaha-usaha baru dibidang kuliner, yang memiliki berbagai keunggulan kompetitif yang dapat ditawarkan pada konsumen. COK- KIS merupakan produk kue kering yang telah berdiri sejak tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor (harga, promosi, produk dan referensi kelompok) yang merefleksikan minat beli pada produk COK-KIS. Responden yang dikumpulkan berjumlah 40 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, diukur dengan skala likert’s. Penelitian ini menggunakan metode confirmatory factor analysis dengan bantuan aplikasi SMARTPLS. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang dapat merefleksikan minat beli konsumen pada produk COK-KIS adalah promosi dan referensi kelompok. Sementara faktor harga dan produk tidak dapat merefleksikan minat beli konsumen pada produk COK-KIS.

References

Bungin, B. (2014). Metode penelitian kuantitatif (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Farida, I. (2018). Pengaruh produk, strategi promosi, lokasi dan harga terhadap minat beli melalui citra merek Cammo Milk Bar. Commerce Jurnal Ilmiah Politeknik Piksi Input Serang, Vol. 5 No. 1, pp. 38-58.

Huang, Y. F., & Dang, H. S. (2014). An Empirical Analysis on Purchase Intention on Coffee Beverage in
Taiwan. European Journal of Business and Management, Vol. 6 No. 36, pp. 182-196.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management global edition (15th ed.). Boston: Pearson.

Moslehpour, M., Aulia, C. K., & Masarie, C. E. (2015). Bakery Product Perception and Purchase Intention of
Indonesian Consumers in Taiwan. International Journal of Business and Information, Vol. 10 No.
1, pp. 63-94.
Section
Articles