FAKTOR INTENTION TO STAY DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN STUDENT UNION UNIVERSITAS CIPUTRA

  • Evita Salim International Business Management Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: Intention to Stay, Dukungan Sosial, Autonomy, Beban Kerja, Pembagian Waktu Kerja

Abstract

Mayoritas anggota SU hanya mengikuti organisasi selama satu periode saja dan tidak melanjutkan keanggotaannya. Data hasil persentase menunjukkan jumlah SU yang bertahan pada setiap prodi cenderung sedikit. Hal ini dapat mempersulit kinerja SU di masa yang akan datang karena anggota yang bertahan dengan jumlah cenderung sedikit harus membimbing anggota baru yang jumlahnya jauh lebih banyak, dan anggota yang baru terpilih harus berusaha melanjutkan tongkat estafet perjuangan sedangkan mereka belum mengalami secara langsung pengalaman dan pengetahuan dari program kerja sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mencerminkan intention to stay dalam organisasi kemahasiswaan SU Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria merupakan mahasiswa Universitas Ciputra angkatan 2016 dan telah mengikuti organisasi kemahasiswaan Student Union selama dua periode yaitu periode 2017/2018 dan 2018/2019, sejumlah 43 responden dengan cara membagikan kuesioner. Skala pengukuran data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mencerminkan intention to stay pada anggota SU Universitas Ciputra adalah faktor beban kerja, faktor dukungan sosial, faktor autonomy dan faktor pembagian waktu kerja.

References

Abdillah, W. & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square: Alternatif Structural Equation Modelling. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Abualrub, R., El-Jardali, F., Jamal, D., & Al-Rub, N. A. (2016). Exploring the relationship between work environment, job satisfaction, and intent to stay of Jordanian nurses in underserved areas. Applied Nursing Research, 31, 19-23.

Amir, M.T. (2015). Merancang Kuisioner. Konsep dan Panduan Untuk Penelitian, Sikap, Kepribadian dan Perilaku. Jakarta. Penerbit Kencana.

Ciputra, U. (2015). Buku Panduan Akademik. Surabaya: Universitas Ciputra.

Damayanti, N. A. (2017). Work Atmosphere and Perception on Job As Determinant Factor of Employee’s
Intention To Stay in Wahyu Tutuko Police Hospital Bojonegoro. Jurnal Ners, 8(2), 342-348.
Section
Articles