ANALISIS PROFITABILITAS, TINGKAT PERTUMBUHAN, HUTANG, DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)

indonesia

  • Lydia Lydia UNIVERSITAS CIPUTRA SURABAYA

Abstract

Abstrak: Sebuah perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan mengakibatkan peningkatan kesejahteraan pemegang saham. Sebagai investor, tentu investor akan memilih berinvestasi ke perusahaan dengan nilai perusahaan yang terus bertumbuh. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, leverage, dan ukuran perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabiltias, pertumbuhan perusahaan, dan leverage perusahaan dengan menggunakan ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Penelitian ini berfokus pada industri manufaktur khususnya subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014 – 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan total sampel 14 perusahaan dan masing-masing perusahaan menggunakan lima data sehingga total data adalah 70 data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah denagn program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan leverage perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas merupakan variabel dengan pengaruh tertinggi yang kemudian diikuti oleh pertumbuhan perusahaan dan leverage perusahaan. Kata kunci: Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan
Published
2020-09-01
Section
Articles