Optimalisasi Model Strategi Public Relations Museum Penerangan dalam Membentuk Citra Publik

  • Novianti Saputra
  • Rustono Farady Marta

Abstract

Di era globalisasi ini juga diikuti dengan perubahan makna yang terjadi salah satunya nama museum. Masyarakat kini banyak yang mengartikan Museum Penerangan merupakan museum yang berisikan lampu, maka dari itu untuk memperkenalkannya pada masyarakat dibutuhkan peran Public Relations sebagai jembatan antara organisasi dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait strategi Public Relations serta citra yang dibentuk oleh Museum Penerangan. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian ini terdiri dari staf public relations, staf museum, duta museum, dan pengunjung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Public Relations Museum Penerangan dengan melakukan optimalisasi strategi PENCILS (Publicity, Event, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, and Social Engagement) melalui Duta Museum. Dalam melakukan perencanaan strategi, Public Relations Museum Penerangan sudah cukup ideal sesuai dengan prinsip dari teori excellence.
Published
2020-04-01