Integritas IWJ Sebagai Media Jurnalis Warga Beretika di Era Post Truth

  • Agus Ainul Yaqin MS Program Studi ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Islam Jember
Keywords: Facebook, integritas, jurnalisme warga, IWJ, post-truth

Abstract

Media sosial seperti Facebook mengambil peran penting dalam penyebaran informasi di era industri 4.0. Masyarakat cenderung menyampaikan dan menyerap informasi melalui new media itu dibanding melalui media arus utama. Seiring majunya teknologi dan terbentuknya masyarakat informasi, maka banyak pula bermunculan media independen yang menampung informasi. Sisi lain, di era keterbukaan informasi justru masyarakat juga dipusingkan dengan maraknya fake news, hoax, dan informasi yang tidak bertanggung jawab dan tidak beretika. Era itu kemudian dikenal dengan era post-truth, kondisi di mana keyakinan dan perasaan pribadi lebih berpengaruh dalam pembentukan opini publik dibandingkan dengan fakta-fakta obyektif. Dalam penelitian ini mengungkap bagaimana media sosial Facebook yang awalnya “dihakimi” sebagai penyalur informasi raksasa tapi abai dalam menjaga nilai tujuan jurnalisme, ternyata mampu menjadi media jurnalis warga yang beretika. Bahkan dalam perkembangannya menjadi “agen” kemanusiaan yang mengedepankan aktivitas tolong menolong. Baik buruknya media sosial yang menjadi media jurnalis warga tergantung pada admin atau moderator. Subyek penelitian ini lebih fokus pada admin atau moderator dan pengamatan penulis pada objek penelitian, sebagai entitas yang mampu menyajikan informasi beretika. Artikel ini memaparkan integritas admin atau moderator dalam menyajikan informasi yang beretika dan berkualitas di era post -truth.

References

Fiddler, Roger (2003). Mediamorfosis, Yogyakarta: Bentang Budaya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Pepih. (2012). Citizen Journalism: Pandangan, Pemahaman, dan Pengalaman. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Santoso, Tanadi. (2019). Industry 4.0 and The New New Things. Surabaya: PT. Kompakindo Media Dewata.

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus: Desain dan Metode. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

https://aji.or.id/read/sejarah
Published
2019-09-30
Section
Articles