PERANCANGAN INTERIOR FASILITAS PENDUKUNG SIENNA HOTEL BANJARMASIN

Jessica Yuwana, Maria Yohana Susan, Astrid Kusumowidagdo

Abstract


Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan perancangan desain interior bangunan hotel dengan konsep yang unik dan baru, yang berangkat dari sebuah cerita dongeng. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena adanya keterbatasan ruang lingkup dan pengembangan konsep desain pada bangunan hotel di Banjarmasin. Padahal jumlah wisatawan maupun pengguna hotel yang memerlukan kenyamanan dan keunikan konsep hotel cukup meningkat menurut analisa yang telah dilakukan. Adanya pembangunan Hotel SIENNA Banjramasin ini menjadi kesempatan untuk menjawab problem yang ada. Laporan perancangan ini akan menjabarkan mengenai konsep desain dan aplikasinya terhadap desain interior bangunan hotel tersebut. Desain berangkat dari sebuah konsep yang berasal dari dongeng. Kehadiran penulis sebagai penyedia jasa desain interior memiliki fitur tambahan berupa layanan desain grafis yang disesuaikan dengan kebutuhan desain serta keinginan klien. Terdapat tuntutan mengenai bagaimana cara menciptakan sebuah grafis yang memperkuat konsep desain serta menjadi elemen yang memperkuat identitas perusahaan klien. Maka dari itu desain menjelaskan bagaimana analisa sebelum pengembangan dilakukan dan apa saja yang perlu digali lebih dalam lagi.

Keywords


Aplikasi; Dongeng; Fasilitas; Hotel; Konsep

Full Text:

PDF

References


Ching, Francis D. K. 2012. Architecture : Form, Space, and Order. John Wiley & Sons. Canada. Departement Pekerjaan Umum. 2008. Per- syaratan Teknis Sistem Proteksi

Departemen Pekerjaan Umum. (2008). Peraturan Mentri Pekerjaan Umum, Nomor 26/PRT/M/2008 Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Gedung dan Lingkungan. Departmen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Jakarta.

Frick, Heiz. Setiawan, Pujo. L. 2001. Ilmu Konstruksi Struktur Bangunan. Knisius. Jakarta

Indonesia, K. K. (n.d.). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/MENKES/DK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkunan Kerja Perkantoran dan Industri.

Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No. KM 3/HK 001/MKP 02. Penggolongan Kelas Hotel. Kusumowidagdo, A., Sachari, A., Widodo, P., & Sugiharto, B. (2012). Preferensi Pengunjung Pada Simulasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.