Efektivitas Komik “Seeing Things from Both Sides” dalam Mengedukasi Remaja tentang Kekerasan Seksual
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas komik digital berjudul “Seeing Things through Both Sides” dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman remaja berusia 15-18 tahun terkait kekerasan seksual berbasis gender. Komik ini dipilih karena dianggap mampu menyampaikan pesan-pesan penting melalui elemen visual dan naratif yang dekat dengan kehidupan remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana peneliti menganalisis elemen-elemen dalam komik, yakni visual, karakter, dan naratif, untuk memahami bagaimana komik tersebut mempengaruhi pengetahuan, sikap, serta perilaku pembacanya. Penelitian ini akan mengeksplorasi peran elemen visual, seperti warna dan ekspresi karakter. Narasi dalam komik juga akan dianalisis untuk melihat apakah cara penyampaian cerita berpengaruh pada cara remaja memandang isu dan kekerasan. Selain itu, karakter dalam komik diteliti untuk memahami apakah representasi mereka memotivasi remaja untuk lebih memahami dan mendiskusikan isu-isu terkait kekerasan seksual. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa komik “Seeing Things from Both Sides” merupakan media yang efektif dalam mengedukasi remaja. Selain itu, komik ini dapat menjadi pedoman bagi siapa pun yang ingin menciptakan organisasi perlindungan dan tempat aman bagi korban kekerasan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anna, L. K. (2020, July 3). Pakaian Perempuan Bukan Alasan Lakukan pelecehan. KOMPAS.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/03/130236920/pakaian-perempuan-bukan-alasan-lakukan-peleceha n?page=all.
Krebs, C., Lindquist, C., Tara, W., Bonnie, F., & Sandra, M. (2007). The Campus Sexual Assault (CSA) Study. Washington: National Institute of Justice. Unpublished Manuscript. https://www.ojp.gov/ncjrs/virtual-library/abstracts/campus-sexualassault-csa-study
Cody, C. and Soares, C. (2023) Seeing things from both sides: A comic to help young people and professionals understand each other’s views about young survivors’ participation in efforts to address child sexual abuse and exploitation. Luton: Safer Young Lives Research Centre, University of Bedfordshire.
Komnas Perempuan. (2024) CATAHU: Peluang Penguatan Sistem Penyikapan di Tengah Peningkatan Kompleksitas Kekerasan Terhadap Perempuan. 7 Maret 2024.
Mahmud, A. M. (2023). Pengembangan Media Layanan Informasi Bimbingan Klasikal Berbasis Komik Digital Mengenai Pelecehan Seksual Verbal (Catcalling) pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 8 Maros.
McCloud, S. (1993). Understanding Comics: The Invisible Art. Brazil: El Pendulo
Mikkonen, K. (2017). The Narratology of Comic Art. Amerika Serikat: New York.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.
Sutanto, S. M., & Wardaya, M. (2020). The paradigm shift of comic as storytelling media. VCD (Journal of Visual Communication Design), 5(1), 57-70.
Suryandi, D., Hutabarat, N., & Pamungkas, H. (2020) Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Darma Agung, Vol. 24, (No.1), pp 84-91. http://dx.doi.org/10.469
Pratiwi, C., Muchtar, M., & Perangin-Angin, A. B. (2022). A Visual Semiotic Analysis On Webtoon True Beauty. International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL), 2(1), 41-48.
UNICEF. (2024) Sexual Violence. UNICEF United Nations Children's Fund. International Organizations.
Thejahanjaya, D., & Yulianto, Y. H. (2022). Penerapan psikologi warna dalam color grading untuk menyampaikan tujuan dibalik foto. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9.
Wartoyo, F. X., & Ginting, Y. P. (2023). Kekerasan Seksual Pada Lingkungan Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Nilai Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 11(1), 29-46.
WHO. (2017). One health.World Health Organization, 736.