Analisis Efektivitas Konten Instagram dalam Strategi Promosi untuk Design Agency yang Menargetkan Pasar Milenial

Main Article Content

Marcella Purnomo Tjokrokartono

Abstract

Penelitian ini mengambil tema analisis efektivitas konten Instagram dalam strategi promosi yang menargetkan pasar Milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas konten promosi melalui Instagram perusahaan desain, dengan target pasar generasi Milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengumpulan data primer, yang dilakukan dengan wawancara terhadap 1 expert user yang merupakan seseorang yang berpengalaman di bidang industri kreatif dan pembuatan konten media sosial, dan 2 extreme user yang merupakan pemilik bisnis dari generasi Milenial, dan observasi terhadap konten-konten promosi di Instagram. Terdapat juga metode studi literatur dari buku, dan jurnal nasional dan internasional yang berkaitan dengan relevansi 5 tahun terakhir, dan buku dengan relevansi 10 tahun terakhir, sebagai data sekunder. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah, penggunaan konten promosi di media sosial Instagram terbukti efektif bagi agensi desain dalam meningkatkan engagement dan mempengaruhi keputusan pembelian target pasar Milenial. Konten yang dibuat untuk kegiatan promosi harus mengikuti perkembangan tren agar dapat menarik minat masyarakat, dan mendorong terciptanya brand relationship.

Article Details

How to Cite
Tjokrokartono, M. P. (2024). Analisis Efektivitas Konten Instagram dalam Strategi Promosi untuk Design Agency yang Menargetkan Pasar Milenial. Jurnal VICIDI, 14(2), 160–169. https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i2.5259
Section
Articles

References

Adiwiria, P., & Anggrianto, C. (2023). Perancangan Strategi Aktivasi Merek "Brol!” Untuk Menciptakan Kesadaran Merek Di Instagram. Jurnal Vicidi, 13(2), 249–262. https://doi.org/10.37715/vicidi.v13i2.4367

Aguspriyani, Y., Polindi, M., Fitriani, P. D., Darmansyah, T. T., & Setiadi, R. M. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Generasi Milenial. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 35-48.

Apandie, C. (2021). KONSTRUKSI EDUKASI BAGI WARGA NEGARA MUDA PADA AKUN MEDIA SOSIAL TWITTER @asumsico. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1). https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1291

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4).

Kamuri, K. J. (2021). ANALISIS PERAN DIGITAL CONTENT MARKETING BAGI WIRAUSAHA MILENIAL DI KOTA KUPANG DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2). https://doi.org/10.35508/jom.v14i2.4784

Lee, C. T., & Hsieh, S. H. (2022). Can social media-based brand communities build brand relationships? Examining the effect of community engagement on brand love. Behaviour and Information Technology, 41(6). https://doi.org/10.1080/0144929X.2021.1872704

Munir.(2017).”Pembelajaran Digital”. Bandung. Alfabeta. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/BUKU/Pembelajaran%20Digital.pdf[10]Riyanto

Petrosyan, A. (2024). Internet and social media users in the world 2024. Statista, 2024(July), 9–12. https://www.statista.com/statistics/617136/digital-population-worldwide/

Rizky, N., & Dewi Setiawati, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2). https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190

Sonani, N., & Sudrajat, A. P. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Suryani, T., Fauzi, A. A., & Nurhadi, M. (2022). What Should Companies Do to Improve Brand Awareness Through Instagram? The Lens of Signalling Theory. Asian Journal of Business and Accounting, 15(2). https://doi.org/10.22452/ajba.vol15no2.9

Tantra, G. C. (2022). Building Brand Relationship Through Millennial Generation Behaviors: Marketing Strategy on Instagram. Journal of Visual Communication Design, 6(2). https://doi.org/10.37715/vcd.v6i2.2703

Thang, C., & Iswanto, R. (2023). PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Vicidi, 13(1). https://doi.org/10.37715/vicidi.v13i1.3948

Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). BUDAYA BELANJA ONLINE GENERASI Z DAN GENERASI MILENIAL DI JAWA TENGAH (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1). https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71

Wijoyo, D. P., & Wardaya, M. (2021). MASA PANDEMI: UMKM DALAM MENGGUNAKAN SOCIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DALAM MEDIA PROMOSI. Jurnal VICIDI, 11(2). https://doi.org/10.37715/vicidi.v11i2.2395