Meningkatkan Daya Ingat Melalui Buku Anak: Hubungan Antara Visual, Interaktivitas, dan Penyampaian Informasi -
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada bagaimana buku anak, melalui visualisasi dan elemen interaktif, dapat meningkatkan daya ingat pembaca di masa kecil terhadap informasi yang disampaikan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berupa survei online, data dikumpulkan dari 50 responden dengan rentang usia 18-25 tahun yang memiliki pengalaman membaca setidaknya 2-5 buku anak di masa kecil mereka. Survei online ini bertujuan untuk memahami pandangan responden tentang buku anak yang mereka baca serta faktor-faktor yang berkontribusi
terhadap ingatan mereka saat dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen seperti visual yang menarik, penyisipan nilai moral dan edukatif, serta pengalaman membaca interaktif sangat penting dalam membentuk ingatan jangka panjang. Buku anak tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai alat pendidikan yang efektif dalam menyampaikan informasi yang dapat diingat selama bertahun-tahun. Dengan menggabungkan rasa nostalgia, daya tarik visual, dan narasi edukatif, buku anak bergambar dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan memori, membantu pembaca untuk mengingat isi cerita dan informasi dengan lebih baik di masa depan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afifah, K., Prabawa, B., & Komariah, S. H. (2019). Perancangan buku ilustrasi anak tentang manfaat bermain di luar rumah. e-Proceeding of Art & Design, 6(2), 854.
Aisyah, I. H., & Rinjani, D. (2023). Pengaruh seni ilustrasi dalam meningkatkan minat baca (Studi desain novel karya Tere Liye). Invensi: Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni, 8(1). https://doi.org/10.1234/invensi.v8i1.12345
Aysah, F., & Maknun, L. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan minat membaca anak usia sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1). https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.549
Harahap, S. N., Amalina, M. N., & Khadijah. (2021). Metode pengembangan sosial emosional anak usia dini pada masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 94-101.
Hidayat, T. P. (2022). Peran penting palet warna dan semiotika dalam interpretasi poster film. TUTURRUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Media Baru, 5(1).
Mulyaningsih, H., & Zubaidah, E. (2021). Pengaruh buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa. Litera, 20(3).
Saepudin, E., Damayani, N. A., & Komariah, N. (2020). Pembentukan karakter anak gemar membaca melalui pembacaan buku cerita. Jurnal Baca, 41(2). https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i2.467
Wardaya, M., Saidi, A. I., & Murwonugroho, W. (2020). Karakteristik buku anak yang memorable dalam membangun karakter anak. Jurnal Seni & Reka Rancang, 2(2), 199-206.