Pengaruh Branding dan Pemasaran Digital Terhadap Perkembangan UMKM
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan strategi branding dan pemasaran digital pada UMKM yang sudah maupun belum menerapkan secara masif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan terstruktur terhadap 3 UMKM serta studi literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan branding dan pemasaran digital yang konsisten, tepat, dan efektif dapat meningkatkan penjualan UMKM serta menumbuhkan loyalitas konsumen. Selain itu, UMKM yang mempunyai keterbatasan sumber daya seringkali kesulitan menerapkan branding dan pemasaran digital, sehingga diperlukan bantuan eksternal. Penelitian ini menunjukkan bahwa branding dan pemasaran digital tidak hanya efektif dalam jangka pendek, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang antara UMKM dan konsumen.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Heryana, N., Kom, M., Muhammad Fuad, S. E., Titi Nugraheni, S. E., MM, M., Darnilawati, S. E., ... & SE, M. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.
Indriati, L. (2020). Instagram Visual Strategies: Key to Communicate Brand Value. Studi Kasus Instagram DKV Universitas Ciputra. Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual 2020, 1(1), 12–17. https://ojs.uph.edu/index.php/KOMA-DKV/article/download/2980/pdf
Melinda, T., Kodrat, N. D. S., & Budi, N. H. S. (2023). PELATIHAN BRANDING BAGI UMKM GRIYA KREATIVE PRIVATE. Jurnal Abadimas Adi Buana, 6(02), 119–128. https://doi.org/10.36456/abadimas.v6.i02.a5565
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Pangestu, I. A., & Nugroho, R. H. (2024). Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Ekuitas Merek pada UMKM Sandangs. El-Mujtama Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 591–598. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.962
Sari, D. K. ., Sarma, M., & Budiharsono, S. . (2023). Strategi Pemerintah Kota Bekasi Dalam Pengembangan UMKM Makanan Minuman Pada Era Digital. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(4), 3603–3612.
https://doi.org/10.37385/msej.v4i4.2380
Sentoso, A., Lady, L., Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). PENGAPLIKASIAN ALAT PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM NURUTO. JURNAL ILMU MANAJEMEN SABURAI (JIMS), 9(1), 67–74. https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP Journal of Management Accounting Tax and
Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592
Susanti, A.,Istiyanto, B., & Jalari, M.(2020). Strategi UKM pada masa pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67-74.
Thang, C., & Iswanto, R. (2023). PERANCANGAN BRAND ACTIVATION UNTUK STARTR BRANDING BESERTA MEDIA PROMOSINYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal VICIDI, 13(1). https://doi.org/10.37715/vicidi.v13i1.3948