Media Sosial sebagai Alat Peningkatan Efektivitas Kampanye: Analisis Pengaruh Engagement, Brand Awareness dan Purchase Intention

Main Article Content

Viola Nikita

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran media sosial sebagai alat meningkatkan efektivitas kampanye dalam meningkatkan engagement dalam brand awareness dan purchase intention terhadap perilaku konsumen. Di era pemasaran yang modern ini, media sosial menjadi alat utama untuk berinteraksi langsung dengan audiens, mempromosikan produk, dan menjalin hubungan lebih dekat dengan pelanggan. Salah satu cara meningkatkan brand awareness Fadalah melalui promosi atau kampanye, yang memperkenalkan produk atau brand kepada masyarakat. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang melibatkan Gen Z dan milenial untuk mengeksplorasi bagaimana interaksi pengguna platform media sosial mempengaruhi engagement dalam brand awareness dan purchase intention.

Article Details

How to Cite
Nikita, V. (2024). Media Sosial sebagai Alat Peningkatan Efektivitas Kampanye: Analisis Pengaruh Engagement, Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal VICIDI, 14(2), 209–219. https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i2.5230
Section
Articles

References

Irdasyah, R. R., Risqiani, R., & Margaretha, F. (2022, September 30). The influence of social media marketing activities, brand awareness, brand image, against purchase intention. Jurnal Economic Resource -. https://jurnal.feb-umi.id/index.php/JER/article/view/554

Kemp, S. W. A. S. (2024, February). Digital 2024 : Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Asih, E. M. (2024). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Analisis Pada Shopee Sebagai E-Commerce Terpopuler Di Indonesia Authors, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.70052/jeba.v2i1.299

Andreani, F., Gunawan, L., & Haryono, S. (2021). SOCIAL MEDIA INFLUENCER, BRAND AWARENESS, AND PURCHASE DECISION AMONG GENERATION Z IN SURABAYA. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 18–26. https://doi.org/10.9744/jmk.23.1.18-26

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Dewi, S., Ristianti, I. W., & Widiani, S. (2022). GENERASI Z DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1-9. http://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa

Ramania, M. I. A. (2024). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Dan Promosi Nee Studio Pada Gen Z. VICIDI, 14(1).

Rahman, W., 1, Herdiyanti, 2, Azizah, J., 3, Asir, M., 4, Wijayanto, G., 5, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Cipasung Tasikmalaya, Institut Teknologi Mitra Gama, Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar, & Universitas Riau. (2024). Exploring Successful Social Media Marketing Strategies In Enhancing Brand Engagement With Consumers In The Digital Era. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (pp. 355–363).

Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, S., Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian. TIN Terapan Informatika Nusantara, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293

Effendi, R. A., Anggrianto, C., & Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. In SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF [Conference-proceeding].

Almirana, A., & Megawati, S. (2021). PERANCANGAN KOMIK INSTAGRAM TENTANG KEPRIBADIAN INTROVERT. In Visual Communication Design & Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra, VICIDI (Vol. 11, Issue 02) [Journal-article].

Victoria, J., & Sutanto, S. M. (2023). Perancangan Komik Digital dalam Meningkatklan Kesadaran terhadap Self-Love dan Social Media Positivity untuk Generasi Z. Jurnal Seni Nasional Cikini, 9(1), 45–54. https://doi.org/10.52969/jsnc.v9i1.225

Indriati, L. & Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Ciputra. (2020). INSTAGRAM VISUAL STRATEGIES: KEY TO COMMUNICATE BRAND VALUE (STUDI KASUS: INSTAGRAM DKV UNIVERSITAS CIPUTRA). In Prosiding Konferensi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual.

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2019). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898