Analisis Dampak Estetika Katalog dan Tampilan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak estetika katalog dan tampilan media sosial terhadap keputusan pembelian Generasi Z. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang sangat terhubung dengan media sosial, sehingga mereka memiliki preferensi unik dalam mengambil keputusan saat berbelanja. Estetika katalog yang menarik dan media sosial yang memiliki desain yang menarik, tata letak yang rapi, penggunaan warna yang tepat dapat mempengaruhi persepsi dan minat Generasi Z terhadap suatu produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) yang mengombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik utama dalam mengumpulkan data yaitu wawancara yang mendalam kepada informan yang merupakan bagian dari Generasi Z. Sementara itu, pendekatan kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 responden Generasi Z untuk mengukur pengaruh estetika terhadap keputusan pembelian dan didukung oleh jurnal yang berkaitan dan didukung oleh jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagi brand yang ingin menargetkan Generasi Z, diperlukan perhatian khusus terhadap estetika visual pada katalog dan media sosial untuk meningkatkan daya tarik dan meningkatkan penjualan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Sosial, 20(2), 51–59.
Adlini , M. N., Dinda, A. H., & Yulin, S. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1).
Dewi, A. N. (2024). Viralnya Kampanye “All Eyes on Papua” Terindikasi FoMO. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 8.
Effendi, R. A., & Anggrianto, C. (2020). 212 ANALISIS PENGARUH
BRAND DAN PROMOSI PADA SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIRAMISU BAILEYS DI SURABAYA . SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF, 215.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 35-42.
Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh content marketing dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil menengah di media sosial. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi. Bisnis dan Manajemen, 8(1), 32-40.
Hartini, S., & Farida, N. (2021). Pengaruh Estetika Visual di Media Sosial terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(4), 250-265.
Irianto, W. S., Widiyaningtyas, T., Sujito, Habibi, M. A., Sya, A. I., Hadi, A. A., & Fuadi, A. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Berbasis E-Katalog untuk Meningkatkan Komersialisasi Pemasaran di Lingkungan Komunitas UMKM PADUKA. Bulletin of Community Engagement, 158.
Kartika, I., Barmawi, F. H., Yuningsih, N., Asma, R., & Mone, U. (2024). Kepemimpinan Ideal di Era Milenial. VISA: Journal of Visions and Ideas, 111.
Montolalu, A. P., & Wardaya, M. (2019). PENGARUH NILAI KEGUNAAN DAN KEUNIKAN DESAIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HOME DECOR PLASTER AIR FRESHENER. VICIDI, 50.
Mehrotra, S., & Misra, D. (2021). A STUDY ON THE PREFERENCE OF COLOUR OF THE HOTEL GUEST AND EMOTIONAL EFFECT OF PRIMARY COLOURS. PUSA Journal of Hospitality and Applied Sciences, 47 - 50.
Nasution, H. H., & Nobelson, N. (2022). Pengaruh strategi promosi media sosial Instagram, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Hito Coffee Bekasi. Veteran Economics, Management & Accounting Review, 1(1), 45-64.
Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online. KOMUNIKOLOGI, 156.
Purnama, I., Mardian, I., Syafitri, N., Khair, S., & Aulia, A. A. (2021). PELATIHAN PEMANFAATAN KATALOG UNTUK MEMPROMOSIKAN TENUNAN UMKM DINTOBO KOTA BIMA DAN PENGAPLIKASIAN SOSIAL MEDIA. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA, 161.
Primasari, C. H., Hariwibowo, I. N., & Padawangi, T. Q. (2022). Katalog fisik dan digital untuk promosi UMKM di Paroki St. Antonius Kotabaru Yogyakarta. Masyarakat Berdaya dan Inovasi, 76.
Susilo, J. I., & Iswanto, R. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENAIKKAN BRAND AWARENESS PARVIS PRODUCTION. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 86.
Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). JURNAL ILMU MULTIDISPLIN , 3(1), 3-5.
Yunita, G. (2022). PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ESTETIKA DALAM DAYA BELI KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL . JURNALDASARUP, 1.
Yeole, D. M., & Agrawal, T. (2023). WHEN GEN Z BUYS HEADPHONES, COLOUR MATTERS: A STUDY OF COLOUR PSYCHOLOGY OF GEN Z. KOREA REVIEW OF INTERNATIONAL STUDIES, 216.
Yasin, B., & Anggraeni, I. (2020). Pengaruh Estetika Visual Katalog Online terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 34–45.