Analisis Efektivitas Media Promosi pada Agensi ‘Foto Produk Katalog’ untuk Meningkatkan Brand Awareness

Main Article Content

Naomi Lauren

Abstract

Dalam era digital modern ini, persaingan bisnis sangat ketat terutama dalam industri kreatif seperti foto produk. Dengan banyaknya kompetitor, sangat diperlukan brand awareness untuk memiliki keunggulan tersendiri. ‘Foto Produk Katalog’ adalah jasa dalam pembuatan foto dan video produk bagi para perusahaan untuk mendapatkan hasil visual yang berkualitas. Memanfaatkan media promosi dengan media sosial yang memiliki banyak pengguna pada saat ini merupakan keputusan yang tepat bagi ‘Foto Produk Katalog’. Penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing serta platform media sosial yang tepat untuk dapat meningkatkan brand awareness. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei kepada target untuk mengetahui sosial media yang
efektif serta gaya konten yang diharapkan untuk promosi, serta pengumpulan data melalui media sosial brand. Hasil penelitan disimpulkan dengan ‘Foto Produk Katalog’ telah mempromosikan dengan tepat sesuai minat masyarakat dan dapat ditingkatkan lagi dengan berkolaborasi serta mempertahankan konsistensi pembuatan konten yang edukatif dan kreatif. Platform media sosial yang tepat untuk meningkatkan brand awareness yaitu Instagram dan Tiktok.

Article Details

How to Cite
Lauren, N. (2025). Analisis Efektivitas Media Promosi pada Agensi ‘Foto Produk Katalog’ untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal VICIDI, 15(1), 105–119. https://doi.org/10.37715/vicidi.v15i1.5220
Section
Articles

References

Awwalina, A. Y., Miskiyah, E., Muji, A., & Nurmahyati, S. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI DESKRIPTIF I SEE YOU GLASSES PURWOKERTO). Merdeka Indonesia Jurnal International, 4(1), 51-58.

Effendi, R. A., Anggrianto, C., & Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. In SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF [Conference-proceeding].

Fauzia, N. N. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN DI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(1), 133-143.

Irwanto Susilo, J., Iswanto, R., & Visual Communication Design/Universitas Ciputra Surabaya. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENAIKKAN BRAND AWARENESS PARVIS PRODUCTION. In Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA): Vol. Vol.07 (Issue No.02).

Karsena, Y. J., & Budi, H. S. (2021). PERANCANGAN BRAND ACTIVATION DAN MEDIA PROMOSI UNTUK THERAPEUTIC. Jurnal VICIDI, 11(1), 81–94.

Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154-163.

Setyowati, R., & Rohmah, A. N. (2022). Peningkatan promosi melalui fotografi produk dengan smartphone pada bukuan fried chicken (bfc). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 75-82.

Syafriyandi, Riana, I., & Darmanto, N. (2021). Pembuatan Portfolio Digital Representatif Pada Mahasiswa/i Pada Program Studi Fotografi Politeknik Negri Media Kreatif. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 9(1), 1–9.

Swimbawa, M. K., & Lemy, D. M. (2023). Pengaruh social media marketing terhadap brand awareness, brand image dan brand loyalty Pesona Indonesia. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 239-249.