Pengaruh Media Sosial Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Daya Fokus Masyarakat Indonesia
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh media sosial terhadap kemampuan berpikir kritis dan daya fokus pengguna berusia 19-23 tahun di Indonesia. Dalam era konvergensi media, media sosial seperti Instagram, X, dan TikTok menjadi platform utama penyebaran informasi. Meskipun aksesnya mudah, konsumsi konten singkat dan instan dapat menurunkan kemampuan berpikir kritis dan fokus pengguna. Dengan metode kualitatif berbasis wawancara dan observasi, penelitian ini menemukan bahwa pengguna yang menghabiskan 5-10 jam per hari di media sosial cenderung terdistraksi dan kurang termotivasi untuk mencari informasi lebih dalam, merasa konten yang diterima sudah cukup lengkap. Gratifikasi instan yang diperoleh dari media sosial berkontribusi pada penurunan fokus dan ketergantungan pada informasi singkat. Penelitian ini menekankan pentingnya literasi digital untuk meminimalkan dampak negatif dari konsumsi media sosial yang berlebihan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adi Sofyan, R., & Arfian, A. (2023). a Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Dengan Menggunakan Metode Topsis. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 10(1), 56–62. https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i1.5577
Alaparthi, K. (2024). Technology and Digital Media’s Impact on Attention Span in Teenagers and Young Adults. Ssrn. Retrieved from https://papers.ssrn.com/abstract=4872178
Aveny, A. K. M., Trio Mahendra, Y., & Saputra, D. (2023). Literasi Digital Sebagai Upaya Menangkal Hoax di Lingkungan Masyarakat Indonesia. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 36–48. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.22866
Budi, H. S., & Faustina, J. (2018). The Effect of Multimedia As a Means of Delivering Information and Promotion Towards Flashcard Products. Vcd, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.37715/vcd.v2i1.572
Confetto, M. G., Covucci, C., Addeo, F., & Normando, M. (2023). Sustainability advocacy antecedents: how social media content influences sustainable behaviours among Generation Z. Journal of Consumer Marketing, 40(6), 758–774. https://doi.org/10.1108/JCM-11-2021-5038
Hadi Mousavi, M. D. N. (2020). A new decade for social changes. Technium Social Sciences Journal, 6(December), 101–105.
Hidayah, L. R. (2023). The Importance of Using Visual in Delivering Information. Vcd, 8(1), 52–61. https://doi.org/10.37715/vcd.v8i1.2720
Hosen, M., Ogbeibu, S., Giridharan, B., Cham, T. H., Lim, W. M., & Paul, J. (2021). Individual motivation and social media influence on student knowledge sharing and learning performance: Evidence from an emerging economy. Computers and Education, 172(June 2020), 104262. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104262
Ichsan, M., Hasnah, R., Faiz, M., & Musi, S. (2024). Analisis Konvergensi Media: Studi Transformasi Dari Media Analog ke Media Digital. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(4), 19–30. Retrieved from http://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/4422%0Ahttp://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/download/4422/4097
Sriram, K. (2023). To What Extent Does Social Media Usage Impact the Ability to Delay Gratification and Attention Span of Teenagers in Mumbai? British Journal of Multidisciplinary and Advanced Studies, 4(6), 71–86. https://doi.org/10.37745/bjmas.2022.0363
Steinert, S., Marin, L., & Roeser, S. (2022). Feeling and thinking on social media: emotions, affective scaffolding, and critical thinking. Inquiry (United Kingdom), 1–28. https://doi.org/10.1080/0020174X.2022.2126148
Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.
Wardaya, M. (2019). Visual Media as Assisting Instrument to Improve Students’ Listening Ability. Vcd, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37715/vcd.v3i1.797
Zou’bi, R. Al. (2021). The impact of media and information literacy on acquiring the critical thinking skill by the educational faculty’s students. Thinking Skills and Creativity, 39(November 2020), 100782. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100782