Pengaruh Pemasaran Emosional dan Strategi Brand Campaign RUCAS terhadap Niat Beli Konsumen

Main Article Content

Jesslyn Aileen

Abstract

Fashion bukan lagi sekadar pemenuhan kebutuhan pokok, melainkan alat komunikasi dan media ekspresi diri bagi setiap individu. RUCAS merupakan fashion brand lokal milik Rubin Castor yang telah berdiri sejak tahun 2020. Di era digital saat ini, RUCAS menghadapi berbagai macam tantangan, seiring dengan semakin banyaknya pesaing. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi dan strategi pemasaran yang tepat agar RUCAS dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pemasaran emosional dan strategi kampanye RUCAS dapat meningkatkan niat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data secara kuantitatif dengan menyebarkan survei dalam bentuk Google Form, pengumpulan data kualitatif melalui sumber data literatur dan analisa media sosial. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi kampanye RUCAS berhasil melibatkan emosional konsumen yang mempengaruhi niat beli, dan membentuk loyalitas konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pentingnya keterlibatan emosional konsumen dalam membentuk citra dan nilai sebuah merek.

Article Details

How to Cite
Aileen, J. (2024). Pengaruh Pemasaran Emosional dan Strategi Brand Campaign RUCAS terhadap Niat Beli Konsumen. Jurnal VICIDI, 14(2), 145–159. https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i2.5181
Section
Articles

References

Abhina Salma Yunita, & Tjandrawibawa, P. (2023). Perancangan Brand Campaign Pada Instagram Guna Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Omnifurr. Jurnal Vicidi, 13(2), 170–186. https://doi.org/10.37715/vicidi.v13i2.4359

Berliandika, B., Isfianadewi, D., & Priyono, A. (2021b). Strategi Sustainable Business Model Innovation pada Industri Fashion Digital Ilustrasi. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 46–60. https://doi.org/10.33059/jseb.v13i1.3798

Chae, H., Kim, S., Lee, J., & Park, K. (2020). Impact of product characteristics of limited edition shoes on perceived value, brand trust, and purchase intention: Focused on the scarcity message frequency. Journal of Business Research, 120, 398–406. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.040

Clarence, C., & Keni, K. (2022). Purchase intention predicting factors in Indonesian fashion brands. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 91–100. https://doi.org/10.28932/jmm.v21i2.4329 Effendi, R. A., Anggrianto, C., & Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. In SEMINAR NASIONAL ENVISI 2020 : INDUSTRI KREATIF. https://www.ciputra.ac.id/envisi/wp-content/uploads/publikasi/ENVISIVCD-2020-P212-Rachel%20Audrey%20Effendi,%20Christian%20Anggrianto-Analisis%20Pengaruh%20Brand%20Dan%20Promosi%20Pada%20Sosial%20Media%20Terhadap%20Keputusan%20Pembelian%20Tiramisu%20Baileys%20Di%20Surabaya.pdf

Hidayat, R. & Mardiyana. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA E-COMMERCE SHOPEE. In Jurnal TADBIR PERADABAN(Journal-Article No. 1; Vol. 4, p. 130).

HAN, J.-I. (2022). The Role of Visual Communication for Emotional

Marketing Strategy. The Journal of Industrial Distribution & Business, 13(11), 39–46. https://doi.org/10.13106/JIDB.2022.VOL13.NO11.39

Nurapriyanti, T., & Hartono, F. C. (2023). Pemaknaan Fashion Thrift sebagai Komunikasi. JBSI Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 112–128. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2772

Pradipta, A. A. (2023). PENGARUH KETERIKATAN EMOSIONAL DAN CINTA MEREK TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA IPHONE. In Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, SKRIPSI [Thesis]. Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/123456789/46635

Ritala, P., Baiyere, A., Hughes, M., & Kraus, S. (2021). Digital strategy implementation: The role of individual entrepreneurial orientation and relational capital. Technological Forecasting and Social Change, 171, 120961. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120961

Rosli, N., Johar, E. R., Bin Mad Lazim, M. L. H., Hashim, S., & Juhari, N. F. (2024). From hearts to carts: Understanding the impact of comments, likes, and share functions on consumer purchase intentions in a social media landscape. European Journal of Sustainable Development, 13(2), 46. https://doi.org/10.14207/ejsd.2024.v13n2p46

Satrio, D., Priyanto, S., & Nugraha, A. (2020). Viral Marketing for Cultural Product: The Role of Emotion and Cultural Awareness to Influence Purchasing Intention. MONTENEGRIN JOURNAL OF ECONOMICS, 16(2), 77–91. https://doi.org/10.14254/1800-5845/2020.16-2.6 Sinurat, M. . (2023). Impact of the Fashion and Design Industry on Social Economic Development in Indonesia. International Journal of Fashion and Design, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.47604/ijfd.1906

Tanaya, J., et al., Digno, D., Langurayan, J. H., Perono, I., & Lyceum of the Philippines University. (2023). SADvertising: Relationship of Emotional Marketing Campaigns to the Brand Awareness and Purchase Decision of Different Generations. In People and Behavior Analysis (Vols. 1–2) [Journal-article]. https://doi.org/10.31098/pba.v1i2.1372

Wahid, R. M., & Gunarto, M. (2021). Factors driving social media engagement on Instagram: Evidence from an emerging market. Journal of Global Marketing, 1–233. https://doi.org/10.1080/08911762.2021.1956665

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187 Iswanto, R. & Ciputra University. (n.d.). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PHOTO CABIN. http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/782

Murdiyanto, E., & Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). (2020). Metode penelitian kualitatif: Teori dan aplikasi disertai contoh proposal. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta Press.