Peran Instagram dalam Meningkatkan Brand Engagement Bisnis Kue Kering

Main Article Content

Laurencia Feilyn

Abstract

Peran media sosial dalam meningkatkan brand engagement bisnis kue kering. Peran media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang efektif bagi berbagai brand yang salah satunya yaitu bisnis kue kering. Salah satu sosial media yang paling banyak digunakan yaitu Instagram karena terdapat fitur-fitur dan kesempatan untuk membuat konten visual yang dapat menarik perhatian pengguna lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Instagram berperan dalam meningkatkan brand engagement pada bisnis kue kering. Selain itu juga, Instagram menyediakan fitur-fitur visual seperti foto, video, dan testimoni pelanggan yang sangat efektif untuk mempromosikan produk. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memahami bagaimana konten visual dan interaksi di Instagram dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, serta mencari tahu jenis konten yang berhasil menarik perhatian dan membangun kepercayaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif serta kajian pustaka. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa konten visual yang menarik, seperti foto produk dan video pembuatan kue, sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, interaksi yang konsisten, misalnya melalui konten interaktif dan giveaway, juga terbukti mampu meningkatkan keterlibatan pengikut.
Kesimpulannya yaitu strategi pemasaran yang menggabungkan visual yang menarik dan interaksi aktif di Instagram dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis kue kering.

Article Details

How to Cite
Feilyn, L. (2025). Peran Instagram dalam Meningkatkan Brand Engagement Bisnis Kue Kering. Jurnal VICIDI, 15(1), 91–104. https://doi.org/10.37715/vicidi.v15i1.5179
Section
Articles

References

Adiwiria, P., & Anggrianto, C. (2023). Perancangan strategi aktivasi merek "Brol!" untuk menciptakan kesadaran merek di Instagram. Jurnal Vicidi, 13(2), 249–262.

Aulia, F. R. (2022). LKP: Penggunaan media sosial Instagram untuk meningkatkan pemasaran UMKM Pawon Kue(Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Djailani, P., Anu, Z., & Ibrahim, M. (2022). Peran media sosial dan marketplace Instagram dalam peningkatan ekonomi di kalangan wirausahawan muda Gorontalo. Student Journal of Community Education, 96–103.

Eka, A., Kurniati, R. R., & Widyawati, E. (2024). Peran pemasaran digital dalam kemudahan update informasi (Studi di Toko Kue Kering Lanoniik). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 13(2), 171–182.

Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Mandalika, E. N. D., Setiawan, R. N. S., & Kusuma, W. (2023). Pelatihan pembuatan lembar survei menggunakan Google Form. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 79–84. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i1.818

Iswanto, R., Waspada, A. E. B., & Saidi, A. I. (2021). Penggunaan model AIDA untuk pembentukan konsep brand Photocabine pada media sosial Instagram.

Julius, N. (2024). Data jumlah pengguna Instagram di Indonesia 2024. Diakses pada, 10.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp di tengah pandemi COVID-19 di kalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 41–57.

Kurnia, R. S. (2021, November). Strategi branding dan Instagram marketing untuk meningkatkan brand awareness pada Azka Roti. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 352–357.

Perangin Angin, W. (2021). Keefektifan penggunaan Google Form untuk mengumpulkan tugas siswa pada masa pandemi COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

PROMED’S DISSEMINATION 2024. (2024). (n.p.): Nas Media Pustaka.

Putra, I. G. C., Wiryawan, I. W. G., & Putri, N. K. A. A. (2020). Upaya meningkatkan penjualan UKM kue kering melalui media sosial sebagai media promosi di Desa Menanga, Karangasem. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian

Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020.

Riyadi, R. A. P., & Sukendro, G. G. (2024). Peran media sosial Instagram dalam meningkatkan brand engagement di Instagram Monochrome. Kiwari, 3(3), 512–519.

Rusdana, R., & Afrizal, S. (2024). Pencitraan diri: Kajian pada mahasiswa pendidikan sosiologi melalui penggunaan postingan Instagram. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 383–392.

Susilo, J. I., & Iswanto, R. (2023). Penggunaan media sosial Instagram sebagai media promosi untuk menaikkan brand awareness Parvis Production. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 7(02), 81–92.

Hutajulu, M. I., Alfikri, M., & Jamil, K. (2023). Strategi komunikasi pemasaran VJCakes melalui Instagram dalam meningkatkan penjualan di masa pandemi COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(3), 1055–1062.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic literature review: Peran media sosial Instagram terhadap perkembangan digital marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179.