Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Edukasi Terhadap Minat Belajar Anak SD

Main Article Content

Gabriella Faustine

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia sekarang semakin menurun dan salah satu faktor penyebabnya adalah materi yang kurang menarik. Maka dari itu, pemerintah melakukan perubahan kurikulum untuk menyesuaikan kebutuhan anak-anak zaman sekarang dan perkembangan dunia digital yang semakin canggih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas media animasi kartun edukasi untuk meningkatkan minat belajar anak-anak SD. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Disini peneliti mendapatkan informasi melalui studi literatur terhadap jurnal atau buku-buku yang pernah terbit. Sedangkan observasi dilakukan dengan menguji efektivitas media animasi kartun animasi, seperti “Kok Bisa??”, “Dolewak”, dan “Riri Cerita Anak Interaktif” yang diupload di platform YouTube berdasarkan kategori animasi edukasi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi kartun edukasi efektif untuk meningkatkan minat pembelajaran anak-anak SD akan materi yang diberikan. Konten-konten yang dianalisa juga memenuhi kategori animasi edukasi yang baik secara visual dan penyampaian materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran animasi kartun edukasi memiliki potensi yang sangat besar sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Video animasi sangat mudah diakses dan dapat digunakan oleh anak-anak atau guru sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar anak-anak SD.

Article Details

How to Cite
Faustine, G. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Kartun Edukasi Terhadap Minat Belajar Anak SD. Jurnal VICIDI, 14(2), 219–236. https://doi.org/10.37715/vicidi.v14i2.5176
Section
Articles

References

Abd Rahman, Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN. Kajian Pendidikan Islam.

Adillah, R., Arfika, N., Purba, F. P. Y., & Yus, A. (2023). Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3177

Althaf, M., & Romanti. (2022). Berbagai Kurikulum Yang Pernah Diterapkan di Indonesia. Inspektorat Jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/berbagai-kurikulum-yang-pernah-diterapkan-di-indonesia/

Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.

Budi, H. S. (2019). Product Development Of Illustrated Children’s Storybook Entitled “Senja” Into Children’s Animated Video Stories. VCD. https://doi.org/10.37715/vcd.v4i1.1387

Budi, H. S., Adnyana, I. W., Swandi, I. W., & Suardina, I. N. (2024). Presentation of Traditional Folktale Through 3-Dimensional Animation Film in Gromore Studio YouTube Channel, A Study Case. Nirmana. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.41-47

Calvin, A., & Wardaya, M. (2023). Perancangan Karakter Pendukung Pinpin and Friends dengan Mengadaptasi Satwa Endemik Khas Indonesia. De-Lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice. https://doi.org/10.37312/de-lite.v3i1.7378

Chan, C. K. Y. (2013). Use of animation in engaging teachers and students in assessment in Hong Kong higher education. Innovations in Education and Teaching International. https://doi.org/10.1080/14703297.2013.847795

Gusti Agung Bagus Angga Wirajaya, I., Gst Bgs Bayu Baruna Ariesta, I., & Wayan Daryatma Putra, I. (2024). Perancangan Video Animasi 2D Sebagai Media Pembelajaran Memahami Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Kelas 4 Sd Negeri 4 Pemcutan. 5(1), 2024. https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/selarasrupa

Handayani, F., & Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 6, 11362–11369. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4244%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4244/3549

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI KARTUN DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585

Kurikulum Merdeka. (2024). Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Latifah, L., Ni’mah, M., & Kiromi, I. H. (2021). ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DALAM FILM ANIMASI NUSA DAN RARA. Jurnal Buah Hati. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i2.2109

Leonhart, M., & Amundsen, J. (2024). Is animation in education effective ?

Nasution, A. A. S. (2024). Designing an Animated Film with the Theme of the November 10 1945 Event in Surabaya titled ’ The Battle of the Heroic City ”. Jurnal VICIDI, 14(1), 1–11. https://journal.uc.ac.id/index.php/vicidi/article/view/4833/2945

Palit, R. A., & Sulaiman, N. (2022). REPRESENTASI BUDAYA POPULAR DALAM ILUSTRASI KARTUN YESUS KRISTUS DI SITUS PENYEDIA GAMBAR ONLINE. Serat Rupa Journal of Design. https://doi.org/10.28932/srjd.v6i2.4178

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Qadir, A., Putra, K. E., Fathir A, M., & Khairamulya R, P. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1023–1033. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i11.1289

Queen, D., & Sutanto, S. M. (2021). EDUKASI UNTUK MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP ANAK-ANAK. Jurnal VICIDI. https://doi.org/10.37715/vicidi.v11i2.2392

Ratnaningsih, A. S., & Jatibaru, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paire Storytelling Dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas Ii Semester Ganjil Sdn Jatibaru Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 943–950. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9657

Sandi, S. (2021). PEMANFAATAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK BERBASIS FLASHMX. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.31294/jkom.v12i2.11239

Setia Budi, H., & Megawati, S. (n.d.). Analisa Animasi Tokoh Hero Mobile Legends Kadita yang Terinspirasi dari Legenda Nyi Roro Kidul. Jurnal Rupa.

Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. PT. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ai9IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=animasi+kartun&ots=GQgEuBGWkf&sig=QIWW8gWopx1TVK9SM2WO7o7GJoQ&redir_esc=y#v=onepage&q=animasi kartun&f=false

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903