Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi dan Promosi Hydro Flask Sebagai Sustainable Brand
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak tren di media sosial yang menyebabkan meningkatnya minat pembeli. Misi brand dalam mendukung gerakan sustainability menarik perhatian masyarakat terhadap kepedulian lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial sebagai media komunikasi dan promosi pada brand botol minum untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap sustainability. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif dalam meneliti hasil riset yang dilakukan oleh peneliti lain dan tiga narasumber sebagai berikut: mempunyai pengalaman pada bidang brand marketing dan mempunyai misi dalam gerakan sustainability dan pelanggan brand Hydro Flask. Menurut hasil kajian literatur, pemanfaatan media sosial yang tepat akan membangun kesadaran customer terhadap brand. Berdasarkan hasil wawancara, media sosial menjadi media yang efektif untuk berkomunikasi secara emosional dengan audiens. Pengaplikasian visual dan kalimat emosional mengundang ketertarikan audiens. Efektivitas penggunaan media sosial melalui pendekatan emosional yang dilakukan dengan cara mengadakan sustainable campaign, membuat konten yang melibatkan visual dan pesan yang mengundang emosi audiens dan mudah dimengerti, serta melakukan kolaborasi dengan acara yang mendukung program ramah lingkungan dan influencer.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adiwiria, P., Anggrianto, C. (2023). Perancangan Strategi Aktivasi Merek "Brol!” Untuk Menciptakan Kesadaran Merek Di Instagram. Jurnal Vicidi, 13(2), 249-262.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400.
Chandra, F. (2021). Social Media Marketing. Penerbit Diva Press.
Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., ... & Nugroho, A. (2023). Strategi pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.
Effendi, R. A., & Anggrianto, C. (2020). Analisis Pengaruh Brand Dan Promosi Pada Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Tiramisu Baileys Di Surabaya. Industri Kreatif, 2, 212-220.
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., Ratnaningsih, P. W., Inanna, Mattunruang, A. A., Herman, Nursaeni, Yusriani, Nahriana, Silalahi, D. E., Hasyim, S. H., Rahmat, A., Ulfah, Y. F., & Arisah, N. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Penerbit Tahta Media.
Hartati, E.R. (2022). Makin Banyak Perusahaan di Indonesia Jalankan Bisnis Berkelanjutan. Diakses pada 12 Mei 2022, dari https://investor.id/national/293510/makin-banyak-perusahaan-di-indonesia-jalankan-bisnis-berkelanjutan.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Iswanto, R. (2019). Paper Waste Reduction Efforts Through Digitalization. VCD, 4(2), 86–96. https://doi.org/10.37715/vcd.v4i2.1320.
Kemenko PMK. (2023). 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Diakses pada 5 Agustus 2023, dari https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-di-indonesia-belum-terkelola-dengan-baik.
Panggabean, A.D. (2024). Ini Data Statistik Penggunaan Sosial Media Masyarakat. Diakses pada 29 Mei 2024, dari https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024.
Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19.
Razali, G., Hidayat, R., & Mutiah, T. (2024). KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS. Penerbit Insight Mediatama.
Yusiana, R., Widodo, A., & Hidayat, A. M. (2021). Green Purchase Intention: An Investigation Green Brand Knowledge and Green Perceived Value of Bioplastic Products in Bandung - Indonesia. Inclusive Society and Sustainability Studies, 1(2), 24–32. https://doi.org/10.31098/issues.v1i2.709.
Zia, A., Younus, S., & Mirza, F. (2021). Investigating the impact of brand image and brand loyalty on brand equity: the mediating role of brand awareness. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(2), 1091-1106.