Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for MODA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS
Artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah artikel mengenai manajemen desain, interior, arsitektur, dan kreatif industri pada umumnya, baik penelitian empiris maupun kajian literatur. Artikel yang dimuat belum pernah diterbitkan di media lain dan atau proceeding ber-ISBN/ISSN. Isi artikel beserta semua akibat yang ditimbulkan oleh artikel itu menjadi tanggung jawab penuh penulisnya.

A. FORMAT PENULISAN

1. Judul Artikel
Judul artikel ditulis menggunakan huruf besar secara singkat, jelas, informatif dan tidak lebih dari 100 karakter. Ukuran font yang dipakai adalah 14, tipe font Arial Narrow untuk Title case dan diketik rata kiri (align text left).

2. Nama Penulis, Afiliasi Dan E-Mail
Ukuran 11, Arial Narrow, rata kiri, diketik dibawah nama para penulis. Tiap penulis harus mencantumkan afiliasinya. Informasi seperti Fakultas, Universitas, Kota, Negara Bagian atau Propinsi dan Negara juga bisa dicantumkan.

Bagi artikel yang ditulis oleh tim, tanda (a/b/c) ditulis di samping nama-nama tersebut untuk membedakan afiliasi masing-masing. Afiliasi para penulis harus dicantumkan sesuai susunan nama para penulis. Penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya tercantum sebagai penulis pertama. Email penulis pertama ditulis tanpa hyperlink. Catatan kaki tidak diperlukan.

3. Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak pertama harus ditulis dalam Bahasa Inggris dan yang kedua ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstrak harus berisi latar belakang yang singkat dan jelas, masalah atau topik yang diteliti, tujuan, metode, dan kesimpulan dari penelitian. Abstrak ditulis dalam maksimal 250 kata, diketik rata kiri-kanan (justified), spasi tunggal. Kata kunci ditulis antara 3-5 kata.

4. Layout Naskah
Naskah ditulis dalam bentuk esai sepanjang 6000-8000 kata atau 18-20 halaman template yang telah disediakan dan diketik sesuai panduan layout berikut: 21 x 19.7 cm ukuran kertas (ukuran A4), Gunakan orientasi Portrait, Gunakan margin Mirrored, Margin atas: 4 cm, margin bawah, atas, dan luar: 3 cm, Header dan Footer: 3 cm, Spasi antar paragraf: spasi tunggal, Spasi antara paragraf terakhir dan bagian (section) yang baru: spasi dobel, Spasi antara bagian dan sub-bagian (sub- section): spasi tunggal.

B. FORMAT ISI ARTIKEL
Judul Bagian
Judul bagian-bagian artikel tidak dinomori, diketik dengan huruf kapital, ditebalkan, ukuran 12, Arial, Narrow dan rata kiri. Judul untuk Sub-sub bagian harus ditebalkan, ukuran 11, Arial Narrow dan rata kiri. dan rata kiri.

Isi Paragraf
Isi paragraf diketik ukuran 11, Arial Narrow, rata kiri-kanan dan spasi tunggal. Gunakan penomoran untuk bagian ini.

  1. Penomoran: ukuran 11, Arial Narrow dan rata kiri-kanan dengan spasi tunggal. Indent untuk teks 0.5 cm. Gunakan penomoran Romawi. Spasi tunggal teks ini setelah penomoran (sebelum paragraf baru). (Daftar multilevel: ukuran 11, Arial Narrow dan rata kiri-kanan dengan spasi tunggal. dan justified dengan single line spacing. Indent untuk teks 0.5 cm. Susun berdasarkan abjad, Seluruh penomoran dan daftar multilevel harus mengikuti contoh dalam dokumen ini)
  2. Pisahkan tiap paragraf dalam tiap bagian dengan menggunakan spasi tunggal.
  3. Pisahkan tiap paragraf yang mengakhiri tiap bagian dalam artikel dengan dua kali spasi tunggal.
  4. Bagian dalam artikel yang mencapai akhir halaman pada dokumen tidak perlu diberi spasi.

Artikel harus terdiri dari:

  1. Pengantar terhadap subjek artikel
  2. Teori penelitian dan metode yang digunakan
  3. Hasil dan pembahasan: dapat ditulis dalam topik-topik yang berbeda.
  4. Kesimpulan
  5. Referensi

Gambar dan Tabel
Jangan menyingkat ‘Tabel’ dan ‘Gambar’. Gunakan angka Romawi untuk menomori tabel dan Gambar. Gunakan istilah tabel untuk seluruh bentuk tabel. Gunakan istilah Gambar untuk seluruh bentuk ilustrasi (seperti peta, diagram, charts, foto, dan lainnya). Gunakan pedoman format dibawah ini untuk Gambar dan Tabel:

  1. Keterangan (caption) untuk Gambar dan Tabel: ukuran 11, Arial Narrow, huruf kapital, dan rata kiri-kanan. Upper Case title, dan rata kiri-kanan. Penulisan seperti ‘Tabel 1.’ dan ‘Gambar 1.’ harus ditebalkan. Judul harus diletakkan di bawah untuk Gambar, dan di atas untuk tabel. Beri spasi tunggal untuk bagian atas dan bagian bawah tiap Gambar. Beri spasi tunggal untuk bagian atas dan bagian bawah tiap tabel.
  2. Judul tabel: ukuran 11, Arial Narrow, kapital, rata kiri-kanan.
  3. Isi tabel: ukuran 11, Arial Narrow.
  4. Sumber: ukuran 11, Arial Narrow. Bagi Gambar, sumber harus mengikuti keterangan. Bagi tabel, sumber harus diletakkan di bawah tabel, dan di posisi tengah. Sumber harus mencantumkan rujukannya dengan menyertakan nama akhir penulis/para penulis, diikuti dengan tahun publikasi.
  5. Catatan: ukuran 10, Arial Narrow. Bagi tabel, catatan harus diketik di bawah sumber dan di posisi tengah.
  6. Resolusi grafik harus 600 dpi untuk monokrom, 300 dpi untuk gambar greyscale dan warna.

REFERENSI
Referensi atau daftar pustaka harus mengikuti format penulisan APA. Letakkan daftar rujukan pada bagian terpisah di akhir dokumen seperti yang ada pada format ini. Jangan menggunakan catatan kaki untuk daftar rujukan. Jangan cantumkan figur atau apapun setelah daftar pustaka. Untuk daftar pustaka: ukuran 11, Arial Narrow, rata kiri-kanan. Indents untuk teks ini 1 cm. Gunakan panduan format ini ketika mengetik daftar pustaka. Daftar pustaka harus diketik dalam bahasa aslinya.

Buku:
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun). Judul Buku. Nama penerbit. Lokasi penerbit

Buku dengan para penulis:
Nama akhir penulis utama, Inisial. & nama kedua penulis kedua, Inisial. (tahun). Judul Buku. Nama penerbit. Lokasi penerbit.

Buku yang Disunting:
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun). Judul Artikel. Inisial nama penyunting [eds]. Judul Buku yang Disunting. Nama penerbit. Lokasi penerbit.

Jurnal:
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun). Judul Artikel, Nama Jurnal, Vol (Nomor), halaman, Nama Penerbit Jurnal, Lokasi Penerbit Jurnal.

Artikel untuk Konferensi dan Prosiding Simposium (cetak):
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun). Judul Artikel. Proceeding of the Nama Konferensi, (halaman). Tanggal Konferensi. Lokasi Konferensi.

Artikel untuk Konferensi dan Prosiding Simposium (online, database elektronik):
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun, Bulan). Judul Artikel. Paper presented at the Nama Konferensi, (halaman). Link DOI

Laporan:
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun), Judul Laporan (laporan tahunan/versi), Nama penerbit, Lokasi penerbit.

Tesis/Disertasi:
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun), Judul Disertasi, Tesis/Disertasi Tidak Dipublikasikan. Lokasi penerbit/universitas.

Unduhan :
Nama akhir penulis, Inisial. (tahun), Judul Artikel, <alamat web > (Tanggal akses).

KETENTUAN PENGIRIMAN ARTIKEL

  1. Artikel dikirim ke alamat email: j.moda@ciputra.ac.id
  2. Kepastian pemuatan ataupun penolakan akan diberitahukan lewat email.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.