Program Kreativitas Mahasiswa Kios Usaha Bersama Anak (KUBA) Kampung Bakat, Surabaya, Jawa Timur

Main Article Content

Henry Susanto Pranoto
Indy Kevin Mihope
Agus Sugiharto
Liestya Padmawidjaja
Olivia Gondoputranto
Hendra Hendra
Felicia Adelyne

Abstract

KUBA atau Kios Usaha Bersama Anak adalah suatu wadah pemberdayaan ekonomi kewirausahaan yang memiliki konsep berupa sebuah kios yang kegiatan operasionalnya dijalankan oleh kaum remaja. Kegiatan KUBA bertujuan untuk memberikan wawasan baru dan praktik langsung mengenai kewirausahaan kepada kaum remaja. Pelaksanaan pelatihan dilakukan di Sanggar Kampung Bakat, yang berkedudukan di Jl. Sono Indah 4, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya. Metode pemberdayaan meliputi pelatihan wawasan kewirausahaan, sistemasi kios, dan pelaksanaan praktis kewirausahaan. Pemberdayaan ini diikuti dengan antusias oleh sebanyak 17 remaja, dengan testimoni para peserta menyatakan bahwa kegiatan KUBA ini sangat membantu mereka dalam memahami konsep usaha dan memberikan wawasan yang berguna untuk mengembangkan kewirausahaan.

Article Details

How to Cite
Pranoto, H. S., Mihope, I. K., Sugiharto, A., Padmawidjaja, L., Gondoputranto, O., Hendra, H., & Adelyne, F. (2025). Program Kreativitas Mahasiswa Kios Usaha Bersama Anak (KUBA) Kampung Bakat, Surabaya, Jawa Timur. Journal Community Service Consortium, 5(1), 43–52. https://doi.org/10.37715/consortium.v5i1.5640
Section
Articles

References

Anggraeni, R., & Jatmiko, L. D. (2024, October 14). Kemenkop UKM Ungkap Rasio Pengusaha RI Tertinggal dari Malaysia, Singapura dan AS. Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20241014/12/1807405/kemenkop-ukm-ungkap-rasio-pengusaha-ri-tertinggal-dari-malaysia-singapura-dan-as

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Profil Penduduk Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Iskandar, I., Rianawati, N. Y., Pradja, N. N. S., Jumantini, N. E., & Mulyati, N. S. (2024). The influence of business environment on entrepreneurial behavior through motivation and competitive advantage as mediators. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 13(1), 27–38. https://doi.org/10.37715/jee.v13i1.4101

Istanto, A. A., & Indudewi, F. Y. R. (2024). Dispositional beliefs and opportunity beliefs as cognitive competence mediated by entrepreneurial mindset towards entrepreneurial behavior. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 13(2), 149–162. https://doi.org/10.37715/jee.v13i2.4798

Kamilan, N. J. A., & Nurcholisah, K. (2022). Pengaruh kemampuan menyusun laporan keuangan dan jiwa kewirausahaan terhadap kinerja operasional UMKM. Jurnal Riset Akuntansi, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.975

Kurniawan, F. B., Agustiono, A., Hongdiyanto, C., Gunawan, L., & Ongkowijoyo, G. (2022). Pelatihan pendidikan business model canvas bagi siswa-siswi Sekolah Merlion, Surabaya. Jurnal LeECOM (Leverage Engagement Empowerment of Community), 4(1), 71–78. https://doi.org/10.37715/leecom.v4i1.2954

Marlina, W. A., Desri, S., Putri, D. A., Anita, N., Yulia, R., & Vebriana, W. L. (2024). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan motivasi kewirausahaan terhadap minat menjadi pengusaha muda (Young enterpreneur). Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 5(1), 26-34. https://doi.org/10.37411/jjce.v5i1.2867

Sabarini, N. E., Isnawati, I., & Hendayana, Y. (2025). Membangun daya saing yang kuat: Studi tentang inovasi, kepemimpinan, dan kemampuan beradaptasi di kalangan pengusaha. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 149–159. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.7312

Sadikin, A., Naim, S., Asmara, M. A., Hierdawati, T., & Boari, Y. (2023). Innovative strategies for MSME business growth with the business model canvas approach. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 1478-1484. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i2.1421

Singgih, J. A. (2022). Peran pengusaha muda dalam mendorong perekonomian Indonesia guna meningkatkan pembangunan nasional. Jurnal Lemhannas RI, 8(3), 110–121. https://doi.org/10.55960/jlri.v8i3.336

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi kualitas belajar peserta didik menggunakan metode learning by doing pragmatisme by John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137-144.

Tjandra, A. S., Kenang, I. H., Setiajie, S. J., Himawan, R. L., & Poogoh, B. S. (2023). Pembelajaran entrepreneurship guna menumbuhkan intensi berwirausaha pada siswa siswi SMA Trikarya Surabaya. Jurnal LeECOM (Leverage Engagement Empowerment of Community), 5(1), 49–52. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i1.3623

Yusup, A. K., Christian, S., Gunawan, C. A., Shrinithy, P., Fedrerika, F., & Tatra, K. W. (2024). Meningkatkan skill kewirausahaan siswa melalui praktik business model canvas. Jurnal LeECOM (Leverage Engagement Empowerment of Community), 6(1), 7–14. https://doi.org/10.37715/leecom.v6i1.4410