Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali

  • Niluh Wiwik Eka Putri STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: psikologi komunikasi, permasalahan peserta didik, bimbingan konseling

Abstract

Peran psikologi komunikasi sangat penting dalam memberikan saran dan masukan terkait permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Mereka berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu, broken home, ataupun ketidaksempurnaan secara fisik. Kondisi inilah yang mem-buat siswa mengalami gangguan mental, kesulitan beradaptasi, cenderung menunjukkan perilaku yang kurang baik untuk mencari perhatian, serta sulit untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun hasil yang diperoleh antara lain untuk mengatasi permasalah peserta didik diperlukan komunikasi yang efektif yakni mengemas komunikasi secara efektif dengan perhatian, minat, hasrat, keputusan, aksi/tindakan, dan kepuasan. Peran psikologi komunikasi juga bisa mengubah opini siswa yang mengalami permasalahan terhadap sesuatu hal, mengubah sikap siswa yang mengalami permasa-lahan terhadap obyek atau subyek tertentu, serta mengubah perilaku yang mengalami permasala-han terkait dengan pengetahuan, persepsi, dan sikapnya.

References

Anwar, Arifin. 2004. Strategi Komunikasi. Bandung: Armilo

B. Wolman, Benjamin, 1989. Dictionary of Behavioral Science. Academic Press.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jalaluddin, Rakhmat. 1996. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jalaluddin Rakhmat. 2001. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2019-03-12
Section
Articles