Maskulinitas dan Perempuan: Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show

Sekar Hayu Rifna Kartika, Yudha Wirawanda

Abstract


Produce 101 season 2 merupakan ragam hiburan dari Korea Selatan yang menampilkan gambaran maskulinitas yang berbeda. Definisi dominan maskulin adalah maskulin macho yang merupakan tampilan sosok laki-laki kekar serta memiliki sifat keras. Berbeda dengan macho, dalam ragam hiburan ini menyajikan tipe maskulinitas yang lebih lembut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana khalayak memaknai soft masculinity dalam variety show. Penelitian ini menggunakan teori resepsi audiens oleh Stuart Hall. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan sampel lima perempuan usia 20, 21, dan 22 tahun. Hasil penelitian terkait soft masculinity, informan berada pada posisi yang menegosiasi. Informan menganggap laki-laki mempunyai sisi maskulin lembut selain konstruksi tipe maskulin tough atau macho. Informan menegosiasikan soft masculinity sebagai salah satu definisi maskulin. Soft masculinity dinilai tetap sebagai maskulin yang lebih menunjukkan sisi lembut. Soft masculinity dinegosiasikan sebagai konstruksi maskulin dan bukan suatu yang feminin. Informan berada pada posisi dominant reading terkait soft masculinity sebagai tren dan selera. Informan menerima soft masculinity sebagai suatu keunikan dan menjadi suatu selera maskulin. Informan sadar bahwa maskulinitas yang dibangun untuk publik menjadi salah satu dari produk budaya. Maskulin yang mereka minati adalah produk produsen budaya yang membentuk tren dan selera mereka.

Keywords


acara ragam, budaya populer, soft masculinity, analisis resepsi

Full Text:

PDF

References


Ainslie, Mary. 2017. Korean Soft Maculinity vs Malay Hegemony: Malaysian Masculinity and Hallyu Fandom. Vol. 48, No. 3, Autumn 2017, pp. 609-638.

Alasuutari, P. 1999. Introduction: Tree Phases of Reception Studies. In Alasuutari (Ed), Rethinking The Media Audience. London: Sage Publications.

Astuti, Try Pratiwi. 2016. Penerimaan Penggemar K-pop Terhadap Gambaran Pria Soft Masculine Boyband EXO di Music Video “Miracle in December”. Jurnal E-komunikasi vol 4. no.1 tahun 2016.

Ayuningtyas, Paramita. 2017. Indonesian Fan Girls’ Perception Towards Soft Masculinity as Represented by K-pop Male Idols. Lingua Culturia, Vol.11 No.1.

Barker, C. 2004. Cultural Studies Theory and Practice. London: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.