Analisis Karakteristik Differentiate Media Vlog dalam Konsep DRIP Komunikasi Pemasaran Film Hangout

Rivga Agusta

Abstract


Komunikasi pemasaran film dalam kemasan vlog di YouTube merupakan bentuk komu-nikasi pemasaran yang muncul di tengah maraknya tren vlogging. Konten atau pesan dalam media vlog merupakan salah satu elemen yang dapat menarik konsumen atau audiens. Artikel ini mengu-las mengenai karakteristik komunikasi pemasaran yang terkandung dalam konten vlog berjudul RVLOG Shooting Hangout milik public figure Raditya Dika. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep “differentiate” dari salah satu konsep komunikasi pemasaran DRIP (Differentiate, Reinforce, Inform, dan Persuade). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi untuk mengungkap karakteristik konten komunikasi pemasaran di balik data yang disajikan media vlog. Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya tiga aspek yang ditonjolkan pada karakteristik “differentiate” komunikasi pemasaran, yaitu: Product (Produk), Phy-sical Evidence (bukti fisik), dan People (orang atau pelaku).

Keywords


komunikasi pemasaran; film; vlog; YouTube

Full Text:

PDF

References


APJII. (2017). Infografis: Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Dilihat pada 8 Mei 2017

Biel, Joan-Isaac, Arna, O., & Gatica-Perez, D. (2011). You Are Known by How You Vlog: Personality Impressions and Nonverbal Behavior in YouTube. Proceedings of the Fifth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media.

Dunlop, Sally, Freeman, Becky and Jones, Sandra C. (2016). Marketing to Youth in the Digital Age: The Promotion of Unhealthy Products and Health Promoting Behaviours on Social Media. Media and Communication. Volume 4, Issue 3, Pages 35-49.

Fill, Chris, & Jamieson, Barbara. (2006). Marketing Communications. United Kingdom: Edinburgh Business School.

FILMINDONESIA.OR.ID. (2016). 15 Film Indonesia Peringkat Teratas dalam Perolehan Jumlah Penonton pada Tahun 2016 berdasarkan Tahun Edar Film. Dilihat pada 23 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.