Editorial Policies

Focus and Scope

I.TEMA Jurnal Calathu membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik komunikasi, etika dan filsafat komunikasi, literasi media, komunikasi politik, komunikasi pariwisata, komunikasi lintas budaya, komunikasi kebijakan publik, komunikasi visual, komunikasi interpersonal dan organisasi, maupun studi khalayak. Naskah diharapkan mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan mampu mendorong pertumbuhan pengetahuan dalam bidang keilmuan.

II.KETENTUAN UMUM

  1. Naskah yang dikirimkan merupakan karya orisinil dari hasil penelitian, tidak memuat unsur plagiarisme, mengandung kebaruan, dan belum pernah diterbitkan sebelumnya atau tidak sedang dalam proses muat di publikasi lainnya. 
  2. Peneliti diwajibkan mengecek plagiarisme naskah yang telah ditulis dengan batas maksimal 25% dan mengisi blanko pernyataan orisinalitas; bila melewati batas tersebut, naskah akan dikembalikan untuk direvisi atau ditolak. 
  3. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia atau Inggris, bila menggunakan Bahasa Inggris peneliti dihimbau telah melakukan proses proof-reading. 
  4. Naskah diketik dengan format kertas A4, font Calibri ukuran 11 pts, spasi 1.5, dengan marjin kiri-atas 4 cm kanan-bawah 3 cm, nomor halaman diletakkan di pojok kanan bawah, dan panjang tulisan 20-30 halaman. 
  5. Naskah bisa diunggah di OJS Calathu dan dikirimkan melalui email ke jurnalcalathufikom@ciputra.ac.id. 

III.FORMAT DAN KETENTUAN

1.Sistematika penulisan artikel secara berurutan adalah:

  • Judul
  • Nama Penulis 
  • Nama Institusi 
  • Alamat Institusi 
  • Alamat Email 
  • Abstrak Bahasa Indonesia & kata kunci 
  • Abstrak Bahasa Inggris & keywords 
  • Pendahuluan 
  • Tinjauan Pustaka 
  • Metode Penelitian 
  • Hasil dan Pembahasan 
  • Kesimpulan 
  • Daftar Pustaka 

2.Judul dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 12 kata, sedangkan dalam Bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Judul ditulis dengan format centered, font Times New Roman 16 pts.

3.Nama penulis ditulis tanpa gelar akademis, ditulis tebal (bold) dalam Calibri 11 pts. Di bawah nama disertakan dengan nama dan alamat institusi. Bila artikel ditulis oleh tim penulis, maka institusi dan alamat yang disertakan hanya milik penulis pertama, sementara email dituliskan semuanya.

4.Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, setiap abstrak memuat 75-200 kata, diikuti dengan 3-5 buah kata kunci. Abstrak berisikan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, dan pembahasan.

5.Pendahuluan menyajikan latar belakang, ruang lingkup penelitian, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Pendahuluan disusun dalam wujud paragraf tanpa sub-bab dengan panjang 15% dari keseluruhan artikel.

6.Pada bagian tinjauan pustaka perlu menyertakan penelitian terdahulu dan/atau teori yang sesuai dengan rumusan masalah dan bidang yang diteliti. Panjang tinjauan pustaka adalah 20% dari keseluruhan artikel.

7.Pada bagian metode penelitian berisikan paragraf yang menjelaskan jenis penelitian, sumber data, teknik penggalian data, dan pengolahan data. Panjang bab metode penelitian adalah 15% dari keseluruhan artikel.

8.Pada bagian hasil dan pembahasan mengekspos temuan data hasil penelitian lalu dianalisis berdasarkan pemikiran peneliti, baik secara analitis, argumentatif, logis, dan kritis. Pembahasan merupakan bagian diskusi yang memuat 40% dari keseluruhan artikel.

9.Kesimpulan berisikan jawaban atas riset berdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan, kesimpulan berisikan pula afirmasi dan saran bagi penelitian selanjutnya. Panjang kesimpulan 10% dari seluruh artikel.

10.Semua sumber rujukan yang digunakan dalam penulisan artikel harus dituliskan dalam daftar pustaka. Sumber rujukan bisa berupa buku, sumber elektronik, sumber media, jurnal, dan laporan seperti tesis maupun disertasi. Sitasi dituliskan dengan teknis enclosed reference (nama, tahun). Referensi dituliskan sesuai dengan APA Style 6th edition dan disusun secara alfabetis.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.