PERANCANGAN BISNIS JASA PERSEWAAN DEKORASI ROVECÈ DECORATION UNTUK MENERAPKAN INOVASI LOASE/LOAN UNTUK TARGET MARKET USIA 21-27 TAHUN DI SURABAYA

Grace Natalian, Pramesti Saniscara

Abstract


Jurnal ini mengambil judul Perancangan Bisnis Jasa Persewaan Dekorasi Rovecè Decoration untuk menerapkan inovasi Loase/Loan untuk target market usia 21-27 tahun di Surabaya. Dekorasi meja sangat identik dengan perayaan apapun, mulai dari ulangtahun, melepas masa lajang, hari jadi hingga hari tertentu seperti natal, imlek, dll. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan inovasi loase/loan, sebuah perusahaan penyewaan peralatan dekorasi meja agar konsumen dapat berkreasi sesuai dengan keinginan mereka. Dengan memberikan peluang kepada masyarakat Surabaya yang ingin membuat sebuah acara namun tidak memiliki perlengkapan dekorasi. Perancangan Bisnis jasa persewaan dekorasi ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan bagi perusahaan Rovecè. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode kualitatif berupa wawancara kepada expert user dari printing dan owner table decoration di Surabaya dan beberapa extreme user dari konsumen table decoration di Surabaya. Serta metode kuantitatif berupa kuesioner kepada target market untuk mengetahui kelayakan dari bisnis ini. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 67 dari 100 orang pernah menggunakan jasa dekorasi karena desain yang bagus. Sedangkan 33 dari 100 orang mengatakan mereka belum pernah menggunakan jasa dekorasi karena memang belum ada acara yang memerlukan jasa dekorasi namun mereka tertarik menggunakan jasa dekorasi meja. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya persewaan dekorasi dapat menambah ketertarikan konsumen akan jasa dekorasi, selain itu juga dapat menjawab permasalahan masyarakat yang ingin mendekorasi acara sendiri.

Full Text:

PDF

References


Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Damayanti, Rully. 2014. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Persepsi Kota Surabaya. Surabaya: Universitas

Kristen Petra.

Davis, Joel J. 2013. Penelitian periklanan : Teori & Praktik (edisi 2), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasali, Rhenald. 2009. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Kristiana, Lusi. 2013. Focus Group Discussion Tehnique in Qualitative Research. Surabaya: Buletin

Penelitian Sistem Kesehatan.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.