PERANCANGAN IDE BISNIS “LITTLE LEARNERS” FLASHCARDS

Jesslyn Faustina, Hutomo Setia Budi

Abstract


Penelitian ini mengambil tema hubungan antara karya desain komunikasi visual dengan pengembangan entrepreneurship yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan terhambatnya edukasi pada anak-anak usia 3 hingga 5 tahun yang disebabkan ketergantungan pada gadget atau perangkat genggam (Radesky & Schumacher, 2014), melalui perancangan sebuah ide bisnis. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui wawancara dengan tiga orang profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini, observasi group play pada 5 orang anak usia 4 dan 5 tahun, didukung oleh studi literatur dengan sumber informasi jurnal, buku, serta artikel dari internet. Pengumpulan data dan analisa menghasilkan ide bisnis “Little Learners” Flashcards, yaitu alat bantu belajar berupa kartu yang dilengkapi dengan beragam aktivitas yang dapat dikerjakan oleh anakanak usia 3 hingga 5 tahun. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa “Little Learners” Flashcards dapat menjadi solusi yang efektif, karena flashcards dapat mengasah kemampuan anak dalam berbagai aspek seperti motorik, visual, dan verbal, serta mendorong anak untuk lebih proaktif. Selain itu, flashcard juga dapat menjadi wadah bagi orangtua untuk lebih terlibat dan berinteraksi dengan anakanak mereka. Berdasarkan respon positif yang didapat dalam penelitian, bisnis ini memiliki peluang. Keberlanjutan bisnis ini juga cukup terjamin karena masih banyak bahan pembelajaran yang dapat dieksplor dan direpresentasikan dalam bentuk flashcard.

Full Text:

PDF

References


Budden, Joanna. Diakses tanggal 7 November 2016. Using Flashcards with Young Learners.

https://www.teachingenglish.org.uk/article/using-flash-cards-young-learners.

Gardner, Howard. 2011. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books: New York.

Keeley, Larry. 2013. Ten Types of Innovation: The Discipline of Building Breakthroughs. John Wiley &

Sons, Inc.: Hoboken.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Osterwalder, Alexander & Pigneur, Yves. 2012. Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc.:

Hoboken.

Radesky, Jenny S., & Schumacher, Jayna. 2014. “Mobile and Interactive Media Use by Young Children:

The Good, the Bad, and the Unknown.” Pediatrics. 135,1. American Academy of Pediatrics, Illinois.

Rideout, Victoria. 2013. Zero to Eight: Children’s Media Use in America. Common Sense Media: San

Fransisco.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.