PENDIDIKAN KESEHATAN PENCEGAHAN DAN PENANGANAN DIARE DI RW 2 KELURAHAN PAKIS KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA

Ni Luh Agustini Purnama, Widayani Yuliana

Abstract


Penyakit diare pada saat ini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, baik bila ditinjau dari angka kesakitan atau kematian yang ditimbulkannya. Penyakit diare juga sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) dengan frekuensi dan kematian yang cukup tinggi yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat dan berdampak pada sektor-sektor lain. Kurang pengetahuan dan perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat tentang pencegahan diare akan meningkatkan risiko terjangkit diare. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku sehat masyarakat untuk mencegah diare adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Sasaran kegiatan adalah ibu PKK dan siswa TK YP di RW 2 Kelurahan Pakis Kecamatan Sawahan Surabaya. Metode penyuluhan dengan ceramah, tanya jawab, demonstrasi cuci tangan yang benar dan cara membuat oralit. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar ibu-ibu PKK (85%) memiliki pengetahuan baik dan 100% anak TK mampu melakukan teknik cuci tangan 6 langkah dengan benar.

Keywords


pendidikan kesehatan; diare

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. 2011. Buku Saku Lintas Diare. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskerdas) Nasional. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Data dan Informasi Situasi Diare di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

LeMone, P., Burke, K.M., & Bauldoff, G. 2016. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Edisi 5 (Alih Bahasa: Angelina, B., dkk.). 2015. Jakarta: EGC (Buku Asli Diterbitkan Tahun 2012).

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN : 2685-8630