STRATEGI MEMPERTAHANKAN HIDUP KAUM MIGRAN PENGHUNI MAKAM RANGKAH DI KOTA SURABAYA

Mochamad Aan Sugi

Abstract


Urbanisasi atau perpindahan penduduk dari satu daerah/desa ke kota menjadi permasalahan yang dihadapi oleh kota-kota besar di Indonesia, termasuk kota Surabaya. Sebagai kota tujuan urbanisasi di Jawa Timur, Surabaya menjadi penuh sesak oleh para migran (orang yang melakukan urbanisasi). Jumlah penduduk yang semakin meningkat, tidak sebanding dengan jumlah lahan yang tersedia. Akhirnya, muncul permasalahan tempat tinggal atau permukiman bagi para migran di Kota Surabaya. Yang terjadi kemudian adalah penggunaan lahan-lahan publik dalam kasus ini adalah tempat pemakaman umum (Makam Rangkah) dijadikan tempat tinggal terutama oleh kaum migran di Kota Surabaya. Mereka umumnya datang ke Kota Surabaya adalah untuk mencari pekerjaan, baik itu pekerjaan di sektor formal maupun sektor informal. Rendahnya latar belakang pendidikan yang dimiliki para migran, membuat pilihan kerja di sektor informal menjadi pilihan yang paling mudah untuk didapatkan. Pemulung, tukang becak, topeng monyet, dan calo adalah jenis pekerjaan yang paling banyak dijalani oleh para migran yang tinggal di Makam Rangkah dengan penghasilan kecil dan tidak menentu. Oleh karena itu, yang menjadi menarik untuk diteliti adalah seperti apa mekanisme survival yang dilakukan oleh kaum migran di Makam Rangkah Surabaya.

Keywords


urbanisasi; perkotaan; kemiskinan; mekanisme survival

Full Text:

PDF

References


Faturochman. 2004. Dinamika Kependudukan dan Kebijakan. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gajah Mada.

Kuswarno, Engkus, M.S. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi,Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung:Widya Padjadjaran.

Manning, Chris dan Tadjuddin Noer Effendi. 1985. Urbanisasi, Pengangguran dan Sektor Informal di Kota. Jakarta: PT Gramedia.

Sadewo, F.X. Sri. 2007. Masalah-Masalah Kemiskinan, Bab I Urbanisasi dalam Perspektif Budaya oleh Martinus Legowo. Surabaya: Unesa University Press.

Surabaya Post, Jumat, 17 September 2010, diakses melalui http:VIVAnews -Surabaya kelebihan penduduk 800 ribu orang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN : 2685-8630