PERAN PROGRAM OMAH ENTREPRENEURSHIP YANG MELIBATKAN MASYARAKAT PEDESAAN UNTUK MENCIPTAKAN BISNIS

  • Sri Nathasya Br Sitepu Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: entrepreneurship, bisnis

Abstract

Program omah entrepreneurship melibatkan tiga puluh peserta yang berasal dari Desa Kesamben Wetan. Tujuan dari program omah entrepreneurship agar masyarakat mampu menciptakan bisnis untuk meningkatkan pendapatan. Program omah entrepreneurship terdiri dari delapan tahapan dianatanya: observasi, entreprenurship introduction, pemetaan potensi, benchmarking, penyusunan business plan, produksi prototype, market test, marketing. Empat tahapan pertama dapat dilalui peserta tanpa hambatan namun tahapan kelima hingga kedelapan berhasil dilalui setelah melewati hambatan dalam menciptakan bisnis. Peserta berhasil menciptakan 30 bisnis baru selama mengikuti program omah entrepreneurship dan mendapatkan tambahan pendapatan dari kegiatan bisnis yang dibuka.

References

Dewi, M.H.U. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2).

Hashim, F., Razak, N.A., & Amir, Z. 2011. Empowering Rural Women Entrepreneurs with ict Skills: An Impact Study of 1nita
Project in Malaysia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 3779-3783.

Iwu, C.G., Opute, P.A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R.K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O.A. (2019). Entrepreneurship Education,
Curriculum and Lecturer-Competency as Antecedents of Student Entrepreneurial Intention. The International Journal of Management Education.

Krishnaswamy, K.N., Mathirajan, M., & Subrahmanya, M.B. 2014. Technological Innovations and Its Influence on the Growth of Auto Component SMEs of Bangalore: A Case Study Approach. Technology in Society, 38, 18–31.

Nová, J. 2015. Developing the Entrepreneurial Competencies of Sport Management Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 3916-3924.
Section
Articles