TAMAN BACAAN UNTUK MENINGKATKAN SPIRIT KEWIRAUSAHAAN DAN MENGAKSES INFORMASI BISNIS BAGI MASYARAKAT KELURAHAN MADE KOTA SURABAYA

J.E. Sutanto, Gervasius Harry Purwoko

Abstract


Membaca merupakan usaha penyebaran gagasan dan upaya kreatif. Oleh karena itu, sarana TB di Kelurahan Made Kota Surabaya akan berpotensi untuk mengubah masyarakat yang kurang menyukai membaca menjadi masyarakat minat membaca diperlukan adanya perubahan budaya. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan peneliti terhadap masyarakat di sekitar lokasi TB dengan jumlah responden 36 orang dan rata-rata menyatakan sangat setuju dengan keberadaan TB tersebut. Implikasi keberadaan TB adalah untuk meningkatkan spirit kewirausahaan dan juga mempermudah untuk mengakses informasi bisnis bagi masyarakat Kelurahan Made Kota Surabaya dengan demikian akan berpeluang bagi masyarakat untuk menjadi pelaku bisnis akan semakin meningkat sehingga akan berpotensi terhadap pertumbuhan ekonomi di lingkungan masyarakat Kelurahan Made Kota Surabaya.

Keywords


taman bacaan; spirit kewirausahaan; sistem informasi; pelaku bisnis

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2008. Pedoman Penyaluran Bantuan Sosial Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ella, Y. 2010. Taman Bacaan Masyarakat Kreatif. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Jane, O.C. 2013. Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak di Taman Bacaan Masyarakat Mortir Banyumanik. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2 (2): 1–10.

Kalida. 2010. Strategi Kemitraan Taman Bacaan Masyarakat. Yogyakarta: Mitsag Pustaka.

Khyatun. 2011. Pembinaan Perpustakaan Pusat Informasi Teknologi Pertanian (Pitp) Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Jurnal Pustakawan Indonesia, 11 (2): 22–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-ISSN : 2685-8630