Pelatihan Foto Produk bagi UMKM Desa Glagaharum untuk Meningkatkan Daya Saing Pemasaran Produk

Main Article Content

Teresa Samantha Satyanegara
Jesslyn Eunice Lainardy
Beatrix Adelaide Herijanto
Sri Nathasya Br Sitepu

Abstract

Pelatihan foto produk bagi UMKM Desa Glagaharum bertujuan untuk meningkatkan daya saing pemasaran produk melalui pemahaman teknik foto yang efektif. Dalam era digital saat ini, visualisasi produk yang menarik menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen. Pelatihan ini mencakup teori dasar fotografi, termasuk komposisi, pencahayaan dengan menggunakan kamera ponsel untuk menghasilkan foto yang menarik. Melalui sesi praktik, peserta berlatih mengambil foto dari berbagai sudut dan posisi, sehingga dapat memahami pentingnya angle dalam foto produk. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas foto produk yang dihasilkan oleh ibu-ibu peserta, sehingga dapat bersaing secara ketat dalam pasar. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, yang berdampak positif pada pemasaran produk mereka.

Article Details

How to Cite
Satyanegara, T. S., Lainardy, J. E., Herijanto, B. A., & Br Sitepu, S. N. (2024). Pelatihan Foto Produk bagi UMKM Desa Glagaharum untuk Meningkatkan Daya Saing Pemasaran Produk. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 6(2), 183–194. https://doi.org/10.37715/leecom.v6i2.5151
Section
Articles

References

Alyatalatthaf, M. D. M. (2023). Visualisasi desain interior inspace studio melalui teknik komposisi leading lines dan the rule of thirds. Spectā Journal of Photography Arts and Media, 7(2), 123–138. https://doi.org/10.24821/specta.v7i2.9502

Br Sitepu, S. N. (2017). How innovation encourages self efficacy to support business start-up success. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 3(2), 121-130. https://doi.org/10.17358/ijbe.3.2.121

Elsinta, L. Y., Witama, S. J., Sidharta, R. C., Indraswari, S. N., & Salindeho, V. (2023). Pelatihan foto produk sebagai upaya peningkatan promosi UMKM Wayang Kulit Desa Galengdowo. ABDIKARYA Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 20–26. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i1.2305

Elysha, C. N., & Batu, K. L. (2024). Analisis Pengaruh visual appeal dan portability terhadap urge to buy impulsively. Journal of Research on Business and Tourism, 4(1), 1. https://doi.org/10.37535/104004120241

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran foto produk sebagai media promosi untuk meningkatkan volume penjualan produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20-27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Hikaru, A. B. (2022). Pengaruh angle camera dalam penerapan videografi dan fotografi. Spectā Journal of Photography Arts and Media, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.24821/specta.v6i1.6370

Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. Iqtishaduna Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170

Puspita, A. S., & Octoviani, A. (2023). Pelatihan foto produk menggunakan smartphone untuk materi promosi pada UMKM. Jurnal Golden Abdimas, 1(1), 1-5.

Putra, M. R. A., Hidayatullah, M., Aditama, R. F., Tompo, A. P. H., Haqqu, E. S. K., & Rifaham, I. H. (2023). Optimalisasi foto produk UMKM dalam meningkatkan penjualan di Kota Baubau. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1671. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16523

Rehatalanit, Y. L. R. (2016). Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 62-69. https://doi.org/10.35968/.v5i0.764

Saptiyono, A., Watie, E. D. S., & Febriana, K. A. (2021). Pelatihan fotografi produk bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. TEMATIK, 1(2). http://dx.doi.org/10.26623/tmt.v1i2.3033

Satyanegara, T. S., Tjioe, V. J. E., & Sitepu, S. N. B. (2024). Pendampingan pendidikan teknik desain berkualitas bagi ibu-ibu penjahit sebagai implementasi Sustainable Development Goals. Jurnal ABDINUS Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(3), 823–834. https://doi.org/10.29407/ja.v8i3.23364