Investasi Cerdas: Perencanaan Keuangan yang Bijak untuk Pengambilan Keputusan yang Tepat

Main Article Content

Gladys Greselda Gosal
Agustiono Agustiono
Adi Kurniawan Yusup
Benedecta Nadya Evangelie
Klemens Bennedict Lioe
Yohana Cinta Ayu Desylina
Marcella Claudia Louren Wiguna
Arkana Asido Parsaoran Sihaloho

Abstract

Pengabdian masyarakat di SMAK St. Agnes Surabaya ditujukan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa, khususnya ketertarikan pada aktivitas berinvestasi secara bijaksana. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dosen dan mahasiswa dari Universitas Ciputra Surabaya yang diorganisasi oleh kelompok studi pasar modal di bawah naungan School of Business and Management. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan mengenai pentingnya berinvestasi dan alternatif investasi yang bisa dipilih berdasarkan profil risiko masing-masing siswa. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya literasi siswa terkait investasi, khususnya investasi saham. Selain itu, siswa juga dibekali dengan praktik simulasi investasi saham menggunakan aplikasi IDX Mobile.

Article Details

How to Cite
Gosal, G. G., Agustiono, A., Yusup, A. K., Evangelie, B. N., Lioe, K. B., Desylina, Y. C. A., Wiguna, M. C. L., & Sihaloho, A. A. P. (2024). Investasi Cerdas: Perencanaan Keuangan yang Bijak untuk Pengambilan Keputusan yang Tepat. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 6(2), 155–160. https://doi.org/10.37715/leecom.v6i2.4914
Section
Articles

References

Ahmad, M. & Wu, Q. (2022). Does herding behavior matter in investment management and perceived market efficiency? Evidence from an emerging market. Management Decision, 60(8), 2148-2173. https://doi.org/10.1108/MD-07-2020-0867

Andriani, S., Fietroh, M. N., Oktapiani, S. Hartini, H. (2022). Edukasi capital market pada gen Z. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2178-2182. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11647

Bagus, A. & Aisyah, S. (2023). Analisis faktor yang mempengaruhi minat Gen Z dalam berinvestasi di pasar modal (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Solo Raya). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 57-65. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.909

Falah, F. F. & Asandimitra, N. (2023). The influence of herding, anchoring, disposition, personal income, and financial literacy on Generation Z's investment decision making in Surabaya City. Technium Social Science Journal, 45(1), 210–221. https://doi.org/10.47577/tssj.v45i1.9103

Perdana, M. (2023, 28 April). Pengaruh inflasi terhadap investasi: Hubungan dan dampak. Investbro.id. Diaksses dari https://investbro.id/pengaruh-inflasi-terhadap-investasi-hubungan-dan-dampak/

Setiawan, V. N. (2022, 13 Agustus). Ancaman resesi & inflasi, investasi ini bisa kasih cuan gede. CNBC Indonesia. Diakses dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20220813101557-17-363461/ancaman-resesi-inflasi-investasi-ini-bisa-kasih-cuan-gede

Sumardi, S., & Habibi, P. (2022). Pelatihan literasi keuangan untuk Gen Z di SMK. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 83-92. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2253

Viana, E. D., Febrianti, F., Dewi, F. R. (2022). Literasi keuangan, inklusi keuangan dan minat investasi generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 12(3), 252-264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207