Pelatihan Animasi sebagai Bentuk Seni Digital untuk Siswa-siswi Sekolah Citra Berkat Surabaya

Main Article Content

Marina Wardaya
Rendy Iswanto

Abstract

Sekolah Citra Berkat (SCB) Surabaya, merupakan pendidikan formal untuk anak usia sekolah. SCB Surabaya dibangun tahun 2004 di lingkungan perumahan Bukit Palma Citraland Surabaya. Siswa di SCB sudah diajarkan mata pelajaran seni digital dasar yang hanya mencakup dasar-dasarnya saja. Dengan pemahaman dasar ini, siswa jelas harus menemukan kembali kreativitas mereka di era digital. Oleh karena merupakan generasi muda, siswa SCB Surabaya harus dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan keterampilannya dan siap bersaing di dunia kerja di masa depan. Selain itu, karena animasi sebagai bentuk seni digital tidak diajarkan secara mendalam di SCB Surabaya, proyek pengabdian masyarakat disusun untuk menjadi tempat dengan tema animasi seni digital sebanyak empat kali pertemuan. Hal ini dimaksudkan agar program pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu siswa menjadi lebih kreatif dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan seni digital animasi mereka. Peserta dapat belajar tentang animasi seni digital dan berlatih menggunakan program yang digunakan untuk membuatnya. Di akhir pelatihan diadakan kompetisi di mana peserta diminta untuk mendesain animasi sederhana dengan kemampuan seni digital yang diajarkan selama pelatihan.

Article Details

How to Cite
Wardaya, M., & Iswanto, R. (2023). Pelatihan Animasi sebagai Bentuk Seni Digital untuk Siswa-siswi Sekolah Citra Berkat Surabaya. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 211–216. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.4429
Section
Articles

References

Aulia, N. & Tisuwihardi, J. (2020). Pelatihan animasi interaktif pembelajaran mata kuliah metodologi pelatihan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Ubudiyah Indonesia. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Inotec UUI, 2(2).

Budi, S. (2013). Skema dan Mekanisme Pelatihan Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ulumuddin, D. I. I. & Sulistiyawati, P. (2019). Pengembangan motif tenun Troso berbasis komputer grafis. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 115–126. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.2022.