Pelaksanaan Praktik Critical Thinking melalui Permainan pada Murid Sekolah Citra Berkat

Main Article Content

Wendra Hartono
Adi Kurniawan Yusup
Jocely Onodite
Hosea Kristo Listyatmadja
Zefanya Agung Mangempis

Abstract

Dalam era yang berkembang ini, keterampilan individu tidak hanya dibatasi pada lingkup pekerjaan, tetapi juga mencakup aktivitas sehari-hari. Critical thinking menjadi salah satu kemampuan yang semakin hari semakin penting untuk dikuasai pada murid. Selain itu, kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan terpenting untuk seseorang dapat berkembang. Kemampuan berpikir kritis juga harus dilakukan dan dilatih sejak kecil agar semakin hari kemampuan tersebut semakin bertambah. Kemampuan berpikir kritis juga dapat digunakan pada segala aktivitas, termasuk dalam menyelesaikan masalah. Pengabdian masyarakat ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA Citra Berkat yang diadakan oleh Universitas Ciputra. Dengan pemahaman yang mendalam atas kemampuan berpikir kritis, tentu akan memberikan dampak yang sangat baik untuk siswa. Acara pengabdian masyarakat pada sesi “Critical Thinking” dibawakan oleh dua pembicara. Kegiatan tersebut diadakan dengan menerapkan sistem permainan yang disusun dan dibawakan oleh dua pembicara terbaik dari Universitas Ciputra. Nyatanya, sesi critical thinking yang dibawakan oleh kedua pembicara mendapat respon positif dari siswa yang mengikuti acara ini. Siswa-siswa dinilai dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis mereka, dimana itu dianggap sangat baik.

Article Details

How to Cite
Hartono, W., Yusup, A. K., Onodite, J., Listyatmadja, H. K., & Mangempis, Z. A. (2023). Pelaksanaan Praktik Critical Thinking melalui Permainan pada Murid Sekolah Citra Berkat. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 217–226. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.4395
Section
Articles

References

Rosyda. (2023, 26 Juni). Pengertian Entrepreneurship, Tujuan, Manfaat, hingga Tahapannya. Gramedia Literasi. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-entrepreneurship/

Terra, R. B. (2018, 18 Juni). Pentingnya Entrepreneurship - Read By TERRA - Medium. Medium. https://medium.com/@TERRAITB/pentingnya-entrepreneurship-706519047a9e

Santoso, J. T. (2021). Pentingnya pembelajaran enterpreneurship di sekolah. https://alumni.stekom.ac.id/artikel/pentingnya-pembelajaran-enterpreneurship-di-sekolah

Muhibbuddin, M., Artika, W., & Nurmaliah, C. (2023). Improving critical thinking skills through Higher Order Thinking Skills (HOTS)-Based Science. International Journal of Instruction, 16(4), 283–296. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16417a

Purwaningsih, W., & Wangid, M. N. (2021). Improving students’ critical thinking skills using Time Bar Media in Mathemathics learning in the third grade primary school. Jurnal Prima Edukasia, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.39429

Kusmanto, H. (2014). Pengaruh berpikir kristis terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika (Studi kasus di kelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). eduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.6

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. Dalam Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 16(1), 139-145.

Mao, W., Cui, Y., Chiu, M. M., & Lei, H. (2021). Effects of game-based learning on students’ critical thinking: A meta-analysis. Journal of Educational Computing Research, 59(8), 1682–1708. https://doi.org/10.1177/07356331211007098

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019, Februari). Peran kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439-443.