Eksplorasi Peningkatan Keahlian Public Speaking melalui Seni Berbisnis Sejak Usia Dini (Siswa-Siswi SMA Citra Berkat Surabaya)
Article Sidebar
Main Article Content
Abstract
Kemampuan berkomunikasi di depan umum merupakan kemampuan yang perlu dimiliki setiap siswa, sehingga perlu untuk dilatih sejak dini. Laporan ini membahas evaluasi kemampuan public speaking siswa SMA 1 Citra Berkat Surabaya, yang umumnya masih memiliki keterampilan yang terbatas dalam berbicara di depan umum. Siswa-siswa ini belum memahami prinsip dasar public speaking, termasuk penggunaan gaya tubuh, volume suara, ekspresi, dan intonasi yang benar. Meskipun ada beberapa siswa yang telah menunjukkan kemampuan yang signifikan, masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi standar public speaking yang benar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa SMA 1 Citra Berkat Surabaya melalui pemberian materi dan presentasi oleh tim pengabdian masyarakat dari Universitas Ciputra. Dalam kerja sama yang erat antara Universitas Ciputra dan sekolah Citra Berkat, siswa menerima edukasi yang komprehensif mengenai teknik public speaking, serta mendapatkan pendampingan untuk pengembangan keterampilan mereka. Selama kegiatan pengabdian masyarakat, siswa juga menerima bimbingan individu dan kelompok, serta tugas-tugas presentasi yang dirancang untuk mengukur dan mengembangkan kemampuan mereka. Harapannya, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan ini akan menghasilkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mereka untuk berbicara di depan umum, yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka secara keseluruhan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Boonma, N., & Swatevacharkul, R. (2020). The effect of autonomous learning process on learner autonomy of English public speaking students. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1), 194-205. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i1.25037
Eunike, P. (2023). “Being a Great Speaker” training to improve student public speaking skills. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(3), 415. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v12i3.11778
Grieve, R., Woodley, J., Hunt, S. E., & McKay, A. (2021). Student fears of oral presentations and public speaking in higher education: a qualitative survey. Journal of Further and Higher Education, 45(9), 1281–1293. https://doi.org/10.1080/0309877x.2021.1948509
Herachwati, N., Isnaini, S., & Agustina, T. S. (2023). Enhancing communication skills for studentpreneurs: A training program on public speaking. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 18(3), 8-13. https://doi.org/10.21070/ijler.v18i3.9
Hz, B. I. R. (2022). An exploration on students’ public speaking anxiety: Stifin perspective. LLT Journal: A Journal on Language and Language Teaching, 25(1), 149–159. https://doi.org/10.24071/llt.v25i1.4502
Kamil, I., Irawan, I. A., & Perkasa, D. H. (2023). The effect of public speaking on financial attitude behavior and performance of business actors in the micro, small and medium enterprises sector. Jurnal Ekonomi, 12(3), 1477–1482.
Kumar, T. (2021). The impact of written visual materials in the development of speaking skills in English language among secondary level students. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(2), 1086-1095. https://search.informit.org/doi/10.3316/informit.216602623312893
Muzhar, M., & Setiawati, F. A. (2023). Development of public speaking ability module for junior high school students. Dalam Advances in social science, education and humanities research (pp. 64–76). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-034-3_10
Nurmalasari. (2023). The impact of self-confidence on students’ public speaking ability. International Journal of Business, English, and Communication, 1(2), 53-57.
Yuli, A. (2023). Socialization of muhadoroh activities as public speaking learning at the Ta'lim Al-Hidayah Council in 2023. Dalam Proceedings of International Conference on Education (Vol. 1, No. 1).