Tingkatkan Potensi Desa Kalisalak Batang melalui Pelatihan Pemasaran dan Penjualan Daring

Main Article Content

Kuat Waluyo Jati
Hasan Mukhibad
Linda Agustina
Trisni Suryarini

Abstract

Status pandemi telah dicabut pemerintah dan masyarakat dapat berkegiatan secara normal, namun kebiasaan bisnis secara daring tetap berlanjut karena memudahkan pelanggan dalam melakukan belanja. UMKM Pokja 3 Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang kesulitan memanfaatkan momentum ini untuk memasarkan maupun menjual produk secara daring. Oleh karena itu, diperlukan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan pelaku UMKM dalam mengelola bisnis secara daring dengan memanfaatkan digital platform. Pemasaran dan penjualan yang semakin meningkat akan meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan pendampingan. Langkah strategis yang dilakukan adalah dengan: 1) memberi wawasan, pengetahuan, dan pemahaman tentang bisnis, bisnis online, dan pemanfaatan digital platform UMKM, 2) diskusi dan tanya jawab dengan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, 3) pendampingan kepada pelaku UMKM, dan 4) evaluasi hasil pengabdian yang telah dilakukan. Setelah pengabdian dilakukan pelaku UMKM Desa Kalisalak mengungkapkan lebih memiliki pengetahuan dan wawasan dalam memulai dan mengelola bisnis secara daring. Selain itu, pelaku UMKM memiliki keterampilan memanfaatkan media sosial sederhana dalam pemasaran dan penjualan secara daring.

Article Details

How to Cite
Jati, K. W., Mukhibad, H., Agustina, L., & Suryarini, T. (2023). Tingkatkan Potensi Desa Kalisalak Batang melalui Pelatihan Pemasaran dan Penjualan Daring. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 173–182. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.4155
Section
Articles

References

Adhy, S., & Endah, S. N. (2016). Penerapan e-commerce untuk meningkatkan dan memperluas pemasaran dI UMKM (Studi kasus di UMKM pengrajin tahu putih dan telur asin di Kabupaten Klaten). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 23(40), 1-15.

Bank Indonesia. (2022, 29 Agustus). Laporan perekonomian Provinsi Jawa Tengah. https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/lpp/Pages/Laporan-Perekonomian-Provinsi-Jawa-Tengah-Agustus-2022.aspx

Carolin, S. (2021, 16 Maret). Perjuangan membangkitkan UMKM lokal di kala pandemi. DRPM Universitas Muhamadiyah Sidoarjo. https://drpm.umsida.ac.id/perjuangan-membangkitkan-umkm-lokal-dikala-pandemi/

Dinkop UKM Provinsi Jawa Tengah. (2021). Data UMKM binaan Provinsi Jawa Tengah 2021. https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id//public/uploads/statistik-1635990558.pdf

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Anggraeni, R. (2021, 13 Juni). Imbas PHK akibat pandemi covid-19, banyak buruh banting setir jadi PRT. IDX. https://www.idxchannel.com/economics/imbas-phk-akibat-pandemi-covid-19-banyak-buruh-banting-setir-jadi-prt

Kemendagri. (2021, 12 Agustus). Instruksi menteri dalam negeri nomor 30 tahun 2021 tentang Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4, level 3, dan level 2 corona virus disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali. https://jdih.denpasarkota.go.id/produk-hukum/peraturan-perundang-undangan/in-mendagri/instruksi-menteri-dalam-negeri-nomor-30-tahun-2021-tentang-pemberlakuan-pembatasan-kegiatan-masyarakat-level-4-level-3-dan-level-2-corona-virus-disease-2019-di-wilayah-jawa-dan-bali

Kemendagri. (2022). Instruksi Menteri dalam negeri nomor 1 tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3, level 2, dan level 1 corona virus disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali. https://peraturan.bpk.go.id/Details/195406/instruksi-mendagri-no-1-tahun-2022

Sasongko, Dedy. (2020, 28 Agustus). UMKM bangkit, ekonomi Indonesia terungkit. Kemenkeu RI. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Kemenko Perekonomian. (2021a, 28 April). Dukungan pemerintah bagi UMKM agar pulih di masa pandemi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi

Kemenko Perekonomian. (2021b, 5 Mei). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Kominfo. (2022a). Kenaikan jumlah UMKM Go Online jadi hasil konkret pembahasan transformasi digital di KTT G20. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/45636/kenaikan-jumlah-umkm-go-online-jadi-hasil-konkret-pembahasan-transformasi-digital-di-ktt-g20/0/berita_satker

Kominfo. (2022b). UMKM naik kelas, UMKM Go Digital. https://www.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go-digital/0/artikel

Kompas. (2020, 2 Juli). Ini yang membuat UMKM sulit terjun ke platform digital. https://money.kompas.com/read/2020/07/02/151653626/ini-yang-membuat-umkm-sulit-terjun-ke-platform-digital?page=all

Muhandari, F., & Ilham, M. (2021). Efektivitas kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran covid-19 di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Administrasi Pemerintahan Daerah, 13(2), 42-51. https://doi.org/10.33701/jiapd.v13i2.2244

Oktalyra, R., Dwi, C., & Ananda, K. (2021). Pelatihan penggunaan media sosial untuk promosi usaha atau bisnis bagi remaja di daerah Cikokol Tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat Jurnal, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i2.432

Rugova, B., & Prenaj, B. (2016). Social media as marketing tool for SMEs: opportunities and challenges. Academic Journal of Business, 2(3), 85–97.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. (2020). Penggunaan digital marketing untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Windihastuty, W., Fatimah, T., & Samsinar, S. (2019). Perancangan sistim e-commerce untuk memperluas pasar hasil olahan sidat. Jurnal Mnemonic, 2(1), 17–21. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v2i1.46

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121–126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202