Survei Kebutuhan untuk Cek dan Edukasi Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Masa Online Learning di Universitas Ciputra Surabaya

Main Article Content

F. Siusanto Hadi
Lyndia Effendy
Florence Pribadi
Anastasia Ellena Posuma
Stephanie Laurensia Budi
Jonah Alberto Sampe
Joseph Christian Laning

Abstract

Setelah munculnya pandemi COVID-19, perubahan metode pembelajaran dari pembelajaran luring menjadi daring tentu mengubah kebiasaan sehari-hari dan berpengaruh terhadap kesehatan mata para pelajar. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kesehatan mata pelajar di sekitar Universitas Ciputra dan pemahaman pengetahuan pelajar dalam menjaga kesehatan mata. Kegiatan ini diselenggarakan di Corepreneur Universitas Ciputra yang diikuti sebanyak 45 peserta. Ditemukan hasil bahwa dari 27 pelajar yang menggunakan kacamata miopia, ada dua orang yang tidak mengeluhkan digital eye strain atau computer eye syndrome. Selain itu, didapatkan 46% mengeluhkan adanya sering pusing dan keluhan computer vision syndrome lainnya setelah membaca lebih dari 2 jam dan bermain gadget lebih dari dua jam. Sedangkan 17 pelajar lainnya dengan mata sehat tidak berkacamata mempunyai keluhan tersering yaitu sering mengucek mata 53%, namun jarang dari mereka yang mengeluhkan pusing bila membaca atau bermain gadget lebih dari dua jam. Hanya 6 % yang mengeluhkan pusing setelah membaca atau bermain gadget lebih dari dua jam dan mereka mendapatkan pelayanan cek kesehatan mata dan konsultasi lebih lanjut. Hasil konsultasi ada beberapa dari mereka yang setelah dicek menggunakan Snellen chart dan refraktometer, membutuhkan kacamata untuk mengatasinya, dan dilanjutkan dengan pemberian edukasi cara menjaga kesehatan mata yang tepat di masa transformasi digital ini.

Article Details

How to Cite
Hadi, F. S., Effendy, L., Pribadi, F., Posuma, A. E., Budi, S. L., Sampe, J. A., & Laning, J. C. (2023). Survei Kebutuhan untuk Cek dan Edukasi Cara Menjaga Kesehatan Mata pada Masa Online Learning di Universitas Ciputra Surabaya. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 159–166. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.4095
Section
Articles

References

Ahn, J., Ryu, S., Song, J., & Kim, H. (2021). Shift work and dry eye disease in the Korean working population: a Population-based cross-sectional study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10), 5492. https://doi.org/10.3390/ijerph18105492

Dubois, D., Coler, M., & Wörtche, H. J. (2014). Knowledge, sensory experience, and sensor technology. Dalam C. Rangacharyulu, E. Haven, Bernhard H., J. Juurlink (Editor), The world in prismatic views. World Scientific.

Barlow, H. B. (1997). The knowledge used in vision and where it comes from. Philosophical Transactions of the Royal Society B, 352(1358), 1141–1147. https://doi.org/10.1098/rstb.1997.0097

Gandhi M. H., & Mukherji P. (2023). Learning theories. Florida: StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK562189/

Burton, M. J., Ramke, J., Marques, A. P., Bourne, R., Congdon, N., Jones, I., Tong, B., Arunga, S., Bachani, D., Bascarán, C., Bastawrous, A., Blanchet, K., Braithwaite, T., Buchán, J., Cairns, J., Cama, A., Chagunda, M., Chuluunkhuu, C.,

Cooper, A. B., Crofts-Lawrence, & J., Faal, H. B. (2021). The lancet global health commission on global eye health: Vision beyond 2020. The Lancet Global Health, 9(4), e489–e551. https://doi.org/10.1016/s2214-109x(20)30488-5

Evans, BJW. (2022, Juni). The impact of 202s on our eyes: myopia, dry eye, & digital eye strain [Presentasi]. BCLA Focus Hybrid Conference and Exhibition 2022, Birmingham, UK. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23782.70728

Blehm, C., Vishnu, S., Khattak, A., Mitra, S., & Yee, R. W. (2005). Computer vision syndrome: A review. Survey of Ophthalmology, 50(3), 253–262. https://doi.org/10.1016/j.survophthal.2005.02.008

IDAI. (2020, 24 Juli). IDAI - Rekomendasi IDAI Selama Anak Menjalani Sekolah Dari Rumah. https://www.idai.or.id/about-idai/idai-statement/rekomendasi-idai-selama-anak-menjalani-sekolah-dari-rumah

Kaur, K., Gurnani, B., Nayak, S., Deori, N., Kaur, S., Jethani, J., Singh, D., Agarkar, S., Hussaindeen, J. R., Sukhija, J., & Mishra, D. R. (2022). Digital eye strain- A comprehensive review. Ophthalmology and Therapy, 11(5), 1655–1680. https://doi.org/10.1007/s40123-022-00540-9

National Eye Institute. (2023, 15 November). Dry eye. https://www.nei.nih.gov/learn-about-eye-health/eye-conditions-and-diseases/dry-eye

Sadiku, M. N., Adebo, P. O., & Musa, S. M. (2018). Online teaching and learning. International Journals of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering, 8(2), 73-75. https://doi.org/10.23956/ijarcsse.v8i2.549

Damawiyah, S., & Noventi, I. (2019). Hubungan dukungan keluarga dalam pemeliharaan kesehatan mata dengan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah dasar di RW 10 Desa Kramat Jegu Taman Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(02), 82–89. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.576

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2021, 21 Desember). Panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/keputusan-bersama-4-menteri-tentang-panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19