Membangun Keunggulan Bersaing Griya Kreatif Private melalui Exhibition dan Digitalisasi

Main Article Content

David Sukardi Kodrat
Melinda Alfiani Rosida Dewi
Minarni Wartiningsih
Widya Arif Sofyan Kurniawan
Gita Prameswari
Tania Aristya

Abstract

Covid-19 membawa dampak yang besar terhadap lanskap persaingan bisnis secara global mulai dari bisnis skala kecil hingga bisnis skala besar. Hanya bisnis yang secara kreatif mengubah strategi bisnisnya yang mampu bertahan. UMKM secara masif mengubah dirinya menjadi peka dengan teknologi. Griya Kreatif Private merupakan salah satu UMKM di Desa Wage telah melakukan inovasi berupa digitalisasi proses belajar mengajar dan mengikuti kegiatan pameran untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat untuk meningkatkan brand awareness dan menawarkan customer experience baru dalam proses belajar. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah enam tahapan proses inovasi. Adapun hasil yang didapatkan adalah mendapatkan inovasi berupa digitalisasi proses pembelajaran dan masukan dari hasil survei di pameran atas inovasi yang telah dilakukan sehingga Griya Kreatif Private dapat terus bertahan hidup dengan meningkatkan keunggulan bersaingnya.

Article Details

How to Cite
Kodrat, D. S., Rosida Dewi, M. A., Wartiningsih, M., Sofyan Kurniawan, W. A., Prameswari, G., & Aristya, T. (2023). Membangun Keunggulan Bersaing Griya Kreatif Private melalui Exhibition dan Digitalisasi. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 145–152. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.3940
Section
Articles

References

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123–131.

Fiah, R. E., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Konseli, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564

El Maghviroh, R., & Supriyati, S. (2016). Pameran dan kinerja UMKM: Sebuah evaluasi berkelanjutan. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 1(3), 211-222.

Karunia, E., Juliana, A., Syahran, Ahmatang, Hidayat, N., Hasyim, B., Azis, M. I., & Shalahuddin, S. (2021). Digital marketing training for UMKM of Tarakan City. International Journal of Community Service, 1(2), 189–200. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan digital marketing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Suhartini, Y. I., Rodhiyah, R., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh shopping lifetyle, fashion involvement, dan hedonic shopping motivation terhadap impulse buying. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.10287

Intan, R. (2015). Pengaruh kemampuan kognitif dan penghargaan terhadap kinerja guru lembaga bimbingan dan konsultasi belajar Nurul Fikri di Jakarta. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 5(2), 72056. https://doi.org/10.33558/akp.v5i2.578

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan digital marketing pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(1), 1–15. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i1.406

Kompas.com. (2020, 13 Januari). Ini lima mall terbesar di Indonesia, yang mana nomor satu? Diakses dari https://www.kompas.com/properti/read/2020/01/13/133954021/ini-lima-mall-terbesar-di-indonesia-yang-mana-nomor-satu?page=all#:~:text=Lima%20Terbesar&text=Mereka%20adalah%20Pacific%20Place%2C%20Plaza,berlokasi%20di%20ibu%20kota%20Jakarta

Labrecque, L. I., & Milne, G. R. (2011). Exciting red and competent blue: the importance of color in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(5), 711–727. https://doi.org/10.1007/s11747-010-0245-y

Purnomo, D. (2013). Konsep design thinking bagi pengembangan rencana program dan pembelajaran kreatif dalam kurikulum berbasis kompetensi. Dalam Konferensi Nasional “Inovasi Dan Technopreneurship” IPB International Convention Center, Mkk (Vol. 2308, pp. 18-19).

Saidi, S. (2016). Perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar siswa kelas XII IPS mata pelajaran Ekonomi SMA Sinar Pancasila Balikpapan. https://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/article/view/77

Shodiq, S. (2021). Peran sistem informasi dan teknologi informasi terhadap proses pembelajaran di masa pandemi covid-19. JEUJ (Jurnal Edukasi Universitas Jember), 8(1), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968

Wahyuni, H. U. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2).

Wajdi, M. B. N., Ummah, Y. C., & Sari, D. E. (2017). UKM development business loan. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 1(1), 99. https://doi.org/10.29138/ijebd.v1i1.350