Pendampingan Inovasi Produk dan Kemasan UMKM untuk Memenangkan Persaingan

Main Article Content

David Sukardi Kodrat
Qahira Nazila
Tina Melinda
Jeremy Ernesto Sean
Dimarta Faradiba

Abstract

Pertumbuhan UMKM di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi karena UMKM dinilai sebagai salah satu pemberi kontribusi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Untuk menghadapi intensitas tantangan yang semakin berat, UMKM dituntut berpikir kreatif dalam menemukan berbagai terobosan strategi yang mampu menciptakan sinergi sehingga memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi Mimikoe Snack yang merupakan salah satu UMKM di Desa Wage, Sidoarjo dalam melakukan inovasi produk dan kemasan. Terdapat lima tahapan pada pelatihan ini yaitu: (1) memberikan penjelasan terkait manfaat penambahan varian produk dan kemasannya, (2) memberikan pelatihan pengolahan varian produk baru, (3) memberikan pelatihan manfaat kemasan produk, (4) memberikan pendampingan mulai dari pengolahan produk hingga pemasarannya, (5) melakukan evaluasi terhadap produk dan kemasan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Hasil dari pelatihan ini diterapkan oleh UMKM Mimikoe Snack untuk pengembangan selanjutnya.

Article Details

How to Cite
Kodrat, D. S., Nazila, Q., Melinda, T., Sean, J. E., & Faradiba, D. (2023). Pendampingan Inovasi Produk dan Kemasan UMKM untuk Memenangkan Persaingan. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 119–128. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.3938
Section
Articles

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh modal usaha, orientasi pasar, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(1), 95–111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan kue kacang emping melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 26–30. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v5i1.631

Arsyad, S., & Delima, K. (2020). Standarisasi dapur dalam menunjang operasional pengolahan makanan di Rio City Hotel Palembang. Dalam Prosiding Seminar Hasil Penelitian Vokasi (Semhavok), 2(1), 59–63.

Atalay, M., Anafarta, N., & Sarvan, F. (2013). The relationship between innovation and firm performance: an empirical evidence from Turkish automotive supplier industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 75, 226–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026

Barney, J. B. (1997). Gaining and sustaining competitive advantage. New Jersey: Prentice Hall.

Cahyo, R. J. (2013a). Analisa inovasi produk pada sektor usaha formal dan informal di Jawa Timur. Agora, 1(3), 1542–1546.

Crawford, M., & Benedetto, A. D. (2015). New products management. New York: McGraw-Hill.

Damanpour, F. (2018). Organizational innovation: A meta-analysis of effects of determinants and moderators. In Organizational Innovation (pp. 127-162).

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 1214-1224. https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5800

Faizah, N. H., & Suib, M. S. (2019). UKM Dalam Persaingan Di Era GLobalisasi Ekonomi. Upajiwa Dewantara, 3(2), 127-135.

Hana, U. (2013). Competitive advantage achievement through innovation and knowledge. Journal of competitiveness, 5(1), 82-96.

Irawan, B. R. (2015). Dampak inovasi produk terhadap kinerja pemasaran (studi kasus pada peluncuran produk baru dalam industri rokok). Agora, 3(1), 127-137.

Irham, F. (2013). Kewirausahaan teori, kasus dan solusi. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. New Jersey: Prentice Hall.

McDaniel, B. A. (2002). Entrepreneurship and innovation: An economic approach. New York: ME Sharpe. Inc.

Najib, M., & Kiminami, A. (2011). Innovation, cooperation and business performance. Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies, 1(1), 75–96. https://doi.org/10.1108/20440831111131523

Porter, M. E. (1985). Keunggulan bersaing: menciptakan dan mempertahankan kinerja unggul. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Supranoto, M. (2009). Strategi menciptakan keunggulan Bersaing produk melalui orientasi pasar, Inovasi, dan orientasi kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kinerja Pemasaran (Studi empiris pada: Industri pakaian jadi skala kecil dan menengah di Kota Semarang [Disertasi]. Universitas Diponegoro.

Tanjung, A. (2019, 17 Juni). Menjadi pembicara yang kompeten. Birokrat Menulis. https://birokratmenulis.org/menjadi-pembicara-yang-kompeten/

Yuliantoro, N., Yap, C., & Gunawan, C. A. (2022). Pelatihan pembuatan seitan masak woku dan sambal matah secara online pada binaan SML UMKM Centre Rumah Pintar Serpong. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 304-314.