Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Keterampilan Membuat Hijab Kreasi di Kelurahan Lakarsantri, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya

Main Article Content

Soelistyowati Soelistyowati
Melania Rahadiyanti
Fabio Ricardo Toreh

Abstract

Pemberdayaan masyarakat sebagai suatu paradigma baru pembangunan, seperti adanya kecenderungan berpikir bahwa dimensi rasional dari pembangunan lebih penting dari pada dimensi moral, dimensi ekonomi lebih penting dari pada dimensi sosial. Seperti ini akan mengakibatkan semakin tertinggalnya lapisan masyarakat bawah, salah satunya adalah melalui keterampilan menjahit, saat ini kebutuhan akan fesyen tidak terbatas. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga setempat di Kelurahan Lakarsantri, terhentinya kegiatan menjahit disebabkan karena wabah pandemi, selain itu sebagian besar ibu-ibu tersebut mengerjakan produk dengan model yang sama sehingga kurang kreasi dan kurang memiliki nilai jual. Potensi untuk menghasilkan sejumlah tambahan pendapatan sangat besar. Berdasarkan problem tersebut, diperlukan pengembangan ide kreativitas. Kegiatan produksi hijab kelompok ini adalah KUBE Liya Collection tidak lagi sekedar menjahit pakaian, tetapi diarahkan pada produksi hijab kreasi dengan hiasan payet. Metode yang digunakan ialah metode ceramah, demonstrasi dan praktik, pemasaran produk fesyen, branding bisnis dan praktik pola dan menjahit hijab. Mayoritas warga Kelurahan Lakarsantri perempuan menggunakan hijab, tidak hanya ibu-ibu saja tetapi juga sejumlah anak-anak kecil telah menggunakan hijab. Hal tersebut menjadi peluang usaha kelompok PKK wilayah Lakarsantri, pengembangan keterampilan menjahit, dan inovasi produk hijab, yang akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar secara merata.

Article Details

How to Cite
Soelistyowati, S., Rahadiyanti, M., & Toreh, F. R. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Keterampilan Membuat Hijab Kreasi di Kelurahan Lakarsantri, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(2), 99–110. https://doi.org/10.37715/leecom.v5i2.3703
Section
Articles

References

Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada UMKM. Jesya, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Alvionita, R., Suryono, J., & Gama, B. (2022). Promosi penjualan produk fashion dalam menarik minat pembeli pada akun Instagram @wannanthis.skh. Media and Empowerment Communication Journal, 1(1), 1-14.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio-E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Defri, I., Al Furkhon, A., Anastasia, B. W., & Saputro, E. A. (2022). Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto melalui logo baru yang unik dan menarik. Abdimesin, 2(1), 10–19.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus besar bahasa indonesia edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Dini, M. A. (2018). Pemaknaan fashion hijab di sosial media Instagram (Studi resepsi selebram hijabers pada unit kegiatan mahasiswa (UKM) putra putri kampus Universitas Muhammadiyah Malang). [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadhillah, A. Q. (2022, January 28). Analisis strategi bisnis fashion hijab merek Attaya Hijab Store. https://www.ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1386

Hoerniasih, N., Danugiri, D., & Nurdiansyah, D. N. (2022). Implementasi model pemberdayaan program UMKM dalam menumbuhkan kemandirian berwirausaha. Abdimas Siliwangi, 5(2), 274-282. https://doi.org/10.22460/as.v5i2.6970

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mauida. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Keterampilan Menjahit. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Purnama, R. & Radiona, V. (2021). Pelatihan pembuatan hijab instan pada siswi Madrasah Tsanawiyah As-Syafi’iyah 05 Kota Bekasi. Jurnal Ikraith-Abdimas, 4(3), 184–193.

Putri, A. S., & Suprihatin, S. E. Y. (2019). Pengembangan e-modul pembelajaran penyelesaian tepi pakaian pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit melalui aplikasi Sigil. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 8(4).

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suliyanthini, D. (2017). Ilmu Tekstil. Jakarta: Rajawali Pers.

Vinerean, S. (2016). Branding strategies for social media marketing. Expert Journal of Marketing, 4(2).

Wheeler, Alina. (2018). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team. Kanada: John Willey & Sons,Incx.

Wibisono, Y. P., Primasari, C. H., & Setiawan, D. (2021). Pendampingan dan pembuatan konten video untuk mendukung pemasaran melalui media sosial bagi UMKM fashion. Jurnal Pengabdi, 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.45995

Yoga, S. (2019). Perubahan sosial budaya masyarakat Indonesia dan perkembangan teknologi komunikasi. Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Dakwah, 24(1). https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175