LITERASI DIGITAL DAN SOCIOPRENEURSHIP; “BUILDING A COMMUNITY IN A CHANGING SOCIAL MEDIA WORLD”

Main Article Content

Kurnia Kurnia
Natalia Sukarnadi
Sherly Theresia
Frankly Oktavian Palendeng

Abstract

Wirausaha sosial membutuhkan dukungan masyarakat khususnya dalam pemahaman literasi digital untuk difungsikan sebagai sarana usaha yang juga mampu menumbuhkan sikap peduli sosial lingkungan dan membangun kesadaran akan jiwa bermasyarakat. Literasi Digital dibutuhkan sebagai upaya mewujudkan ekosistem ruang digital yang dapat menunjang semangat wirausaha muda dalam melakukan dan mendukung sociopreneurship. Studi ini difokuskan pada kegiatan sosialisasi pemanfaatan ruang digital sebagai media literasi bagi generasi muda yang dianggap sebagai akselerator media digital, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran pemanfaatan media sosial untuk sebagai media bisnis dan sociopreneursip sekaligus sebagai sarana untuk mengasah kecakapan generasi muda dalam memanfaatkan potensi digitalnya. Metode yang digunakan adalah pre-experimental method dengan menggunakan kelas pembanding hasil pre-test dan post-test sebagai upaya untuk menjelaskan secara komprehensif hasil pelaksanaan kegiatan. hasil pre-test dan posttest dapat diketahui bahwa secara rata-rata pengetahuan dan kecakapan literasi digital peserta meningkat 36% dan komitmen dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana wirausaha juga meningkat 36%. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi perwujudan peran serta akademisi dan praktisi dalam mempercepat akselerasi transformasi digital guna menyiapkan generasi muda yang memahami kompetensinya sebagai digital dan sociopreneur.

Article Details

How to Cite
Kurnia, K., Sukarnadi, N., Theresia, S., & Palendeng, F. O. (2023). LITERASI DIGITAL DAN SOCIOPRENEURSHIP; “BUILDING A COMMUNITY IN A CHANGING SOCIAL MEDIA WORLD”. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM), 5(1). https://doi.org/10.37715/leecom.v5i1.3614
Section
Articles