PENINGKATAN PENGUASAAN MICROSOFT OFFICE 365 UNTUK GURU-GURU SD DHARMA KARYA SURABAYA

  • Yosefine Triwidyastuti
  • Edo Yonatan Koentjoro
  • Musayyanah Musayyanah
  • Indra Maya

Abstract

SD Dharma Karya merupakan salah satu sekolah swasta dengan akreditasi tingkat C di Surabaya, sehingga sekolah ini menjadi salah satu sasaran program kampus mengajar yang dibimbing oleh salah satu dosen Universitas Dinamika. Namun karena keterbatasan waktu dan rendahnya kemampuan siswa SD Dharma Karya, kegiatan kampus mengajar lebih banyak fokus kepada peningkatan literasi dan numerasi siswa, sedangkan bantuan adaptasi teknologi untuk para guru SD Dharma Karya menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, pemberian bantuan adaptasi teknologi dilanjutkan dalam bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh beberapa dosen Universitas Dinamika. Kegiatan pengabdian diadakan dalam empat tahap, yaitu survei kondisi guru sekolah, pembuatan modul, kegiatan pelatihan, dan evaluasi. Berdasarkan survei awal, penguasaan teknologi yang butuh diajarkan adalah penggunaan aplikasi Microsoft Office 365 yang telah dilanggan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya tetapi kurang dimanfaatkan oleh guru-guru SD Dharma Karya. Kebanyakan pelatihan yang diadakan dinas pendidikan berbentuk daring, sehingga guru-guru kurang memahami menu-menu yang ada di aplikasi. Berikutnya, kegiatan pembuatan modul untuk pelatihan difokuskan pada penjelasan fitur-fitur di Word, Excel, PowerPoint, dan Microsoft Teams yang dapat dimanfaatkan guru-guru dalam kegiatan pembelajaran maupun administrasi. Kegiatan pelatihan sebagai tahapan selanjutnya selalu dilaksanakan secara luring di SD Dharma Karya dan disertai dengan proses pendampingan sesuai dengan tingkat keahlian para guru. Berdasarkan hasil kuesioner, kegiatan pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan guru mengenai Microsoft Office 365 dan meningkatkan keterampilan para guru menguasai teknologi aplikasi perkantoran, serta meningkatkan pelayanan para guru dalam proses pembelajaran dan administrasi sekolah.
Published
2022-06-21
Section
Articles