LITERASI MEDIA “EDUKASI MENDETEKSI BERITA HOAX” BERBASIS GAME ANDROID PADA SISWA SMP NEGERI 7 SURABAYA

  • Ardy Januantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: berita hoax, literasi media, game

Abstract

Perkembangan media online memberikan berbagai dampak baik positif maupun negatif. Salah satu dengan menjadi media penyebar berita hoax. Menjadi suatu permasalahan yang serius karena berita tersebut dapat tersebar ke siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Artinya berpotensi membuat penerimanya terpengaruh, apalagi jika generasi muda yang seharusnya diberikan hal bermanfaat dan pembelajaran yang baik termasuk siswa SMP. Tersebarnya berita hoax membuat mereka berpotensi untuk tercemar informasi yang tidak benar. Berdasarkan hal tersebut, pengabdi ingin memberikan literasi media mendeteksi berita hoax kepada siswa SMP Negeri 7 Surabaya. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah sulitnya memberikan media edukasi yang tepat dan bisa diterima oleh siswa. Guna mengatasinya pengabdi menggunakan game android sebagai sarana dalam memberikan edukasi terkait dengan cara mendeteksi berita hoax. Hasilnya pelaksanaan pengabdian pada program kemitraan masyarakat literasi media mendeteksi berita hoax berbasis game android menghasilkan hasil yang cukup efektif untuk para peserta didik yang tergolong pada generasi millennial. Hal tersebut dikarenakan sesuai dengan apa yang memang menjadi jiwa dari para generasi millennial ini

References

Dewan Pers. 2017. Dewan Pers Beberkan Ciriciri
Berita Hoax. Majalah Etika. Jakarta:
Dewan Pers.

Indonesia Mendidik. 2016. Kulwap: Melek Literasi
di Era Digital. Akses 8 April 2019. Indonesia
Mendidik: http://indonesiamendidik.
com/tag/anti-hoax.

Suhada, M. Arif. 2015. Internet, Remaja, &
“Game Online”. Akses 9 Mei 2019. http:/
/harian.analisadaily.com/taman-remajapelajar/
news/internet-remaja-game-online/
97277/2015/01/10.

Widodo P.P. 2011. Menggunakan UML. Bandung:
Informatika.
Published
2019-12-20
Section
Articles