PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK HOME INDUSTRY MELALUI OPTIMALISASI DESAIN DAN KEMASAN DI DESA GONDANG, KECAMATAN GONDANG, MOJOKERTO

  • Sutama Wisnu Dyatmika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Evita Purnaningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tony Susilo W Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: home industry, desain, kemasan

Abstract

Banyaknya aktivitas masyarakat yang bergerak dalam bidang home industry di Desa Gondang menjadikan desa ini menarik untuk ditinjau lebih lanjut. Fakta yang ditemui di desa tersebut adalah masih banyak pelaku bisnis yang notabene UMKM tidak memiliki omset penjualan yang baik. Kendala utama yang ditemui adalah masyarakat tidak mampu melakukan optimalisasi terhadap produk yang telah dihasilkan. Untuk itu Tim Pengabdian Pada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya melakukan aktivitas pendampingan di Desa Gondang. Agar hasil yang diperoleh dapat maksimal pelaksanaan dibagi menjadi dua bagian yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode praktik sederhana. Metode ceramah bertujuan untuk membuka pola pikir masyarakat yang awalnya masih ragu-ragu dalam mengubah kemasan produknya menjadi bersemangat untuk melakukannya. Hal ini menjadi penting karena masyarakat masih mengalami kekhawatiran penjualannya akan menurun ketika kemasannya diganti. Pada tahap ini Tim benar-benar memastikan bahwa masyarakat tidak memiliki keraguan lagi atas aktivitas berikutnya. Setelah semuanya berjalan dengan lancar, dilakukan praktik sederhana cara mengubah kemasan agar lebih baik. Cara yang dilakukan pun menggunakan cara yang paling sederhana dengan tujuan agar masyarakat tidak merasa terbebani dengan hal-hal teknis yang dapat menjadikan niatnya berubah. Program yang diikuti usia produktif di Desa Gondang dapat berjalan dengan lancar berkat peran aktif masyarakat.

References

Abdul, Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Apriyanti, Masayu Endang. 2018. Pentingnya
Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan.
Jurnal Sosio E-Kons, Volume 10.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management.
Edisi kesebelas. Prentice Hall.

Landa, R. 2006. Designing Brand Experiences.
Thomson Delmar Learning.

Pitanatri, Putu Diah Sastri. 2016. Inovasi dalam
Kompetisi: Usaha Kuliner Lokal Menciptakan
Keunggulan Kompetitif di Ubud. Jurnal
Master Pariwisata, 3(1), 1–14.
Published
2019-12-20
Section
Articles